Jangan Panik Hadapi Banjir

 201 total views,  4 views today

Dokumentasi Foto Banjir Didepan Kantor Gubernur | Foto : Dok KS

Dokumentasi Foto Banjir Didepan Kantor Gubernur | Foto : Dok KS

Saat ini bukan hanya mereka yang berada di Jakarta dan Manadoyang diserang banjir. Kita yang berada di Palembang dan Sumsel pun menghadapi ancaman serupa. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tidak panik menghadapi banjir. Sebab kepanikan dapat membuat situasi semakin buruk, karena banyak tindakan yang seharusnya dilakukan tidak dilakukan. Untuk mengurangi kesalahan dalam mengambil tindakan perlu dilakukan langkah-langkah persiapan kesiapsiagaan bencana yang dipelajari dan dilatih dengan baik secara berkala.

Apalagi pada kenyataannya banjir tidak dapat dicegah namun dampak yang timbul dapat dikendalikan. Sebab banjir datangnya relatif cepat, untuk mengurangi kerugian akibat bencana tersebut perlu dipersiapkan penanganan secara cepat, tepat dan terpadu. Kita menyarankan masyarakat agar mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana banjir. Sebenarnya ada cara bijak dalam mempersiapkan dan menghadapi keadaan darurat ketika banjir.

Sebelum Terjadinya Banjir sebaiknya warga segera mungkin dapatkan pengumuman resmi dari sumber yang dapat dipercaya tentang banjir di wilayah Anda. Kemudian yang tidak kalah penting dalah mendengarkan tentang perkembangan situasi melalui media elektronik radio FM/AM atau televisi Anda juga via RT atau RW lingkungan Anda. Dan jangan mudah terpancing isu. Dengarkan hanya informasi dari pemerintah atau aparat berwenang. Sedangkan tindakan fisik yang tidak boleh diabaikan adalah memeriksa dan bersihkan lubang saluran pembuangan air anda.

Jika daerah Anda dipastikan menjadi langganan banjir setiap tahunnya, pastikan Anda dan keluarga Anda mengetahui jalur evakuasi dan tempat pengungsian dan letakkan dokumen penting di tempat yang aman atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak. Buat perencanaan dengan keluarga, kalau perlu latihan evakuasi keluarga, sebagai persiapan jika banjir benar-benar datang. Sedangkan saat hampir banjir mesti mendengar pengumuman dan berita dari radio.

Lalu penuhi tong, bak mandi, ember dan segala wadah air lainnya dengan air bersih. Karena saat banjir, air mungkin menjadi kotor dan sulit mendapatkan air bersih. Bawalah masuk perabot atau perkakas di luar rumah. Letakkan dokumen penting di tempat yang aman atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak. Tutuplah dengan aman stop kontak listrik, jika perlu padamkan listrik dan saluran gas rumah Anda. Kemudian beritahu anggota keluarga Anda dan bersiaplah untuk mengungsi.

(SaronoP Sasmito)

Jangan Panik Hadapi Banjir

Saat ini bukan hanya mereka yang berada di Jakarta dan Manadoyang diserang banjir. Kita yang berada di Palembang dan Sumsel pun menghadapi ancaman serupa. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tidak panik menghadapi banjir. Sebab kepanikan dapat membuat situasi semakin buruk, karena banyak tindakan yang seharusnya dilakukan tidak dilakukan. Untuk mengurangi kesalahan dalam mengambil tindakan perlu dilakukan langkah-langkah persiapan kesiapsiagaan bencana yang dipelajari dan dilatih dengan baik secara berkala. Apalagi pada kenyataannya banjir tidak dapat dicegah namun dampak yang timbul dapat dikendalikan. Sebab banjir datangnya relatif cepat, untuk mengurangi kerugian akibat bencana tersebut perlu dipersiapkan penanganan secara cepat, tepat dan terpadu. Kita menyarankan masyarakat agar mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana banjir. Sebenarnya ada cara bijak dalam mempersiapkan dan menghadapi keadaan darurat ketika banjir. Sebelum Terjadinya Banjir sebaiknya warga segera mungkin dapatkan pengumuman resmi dari sumber yang dapat dipercaya tentang banjir di wilayah Anda. Kemudian yang tidak kalah penting dalah mendengarkan tentang perkembangan situasi melalui media elektronik radio FM/AM atau televisi Anda juga via RT atau RW lingkungan Anda. Dan jangan mudah terpancing isu. Dengarkan hanya informasi dari pemerintah atau aparat berwenang. Sedangkan tindakan fisik yang tidak boleh diabaikan adalah memeriksa dan bersihkan lubang saluran pembuangan air anda. Jika daerah Anda dipastikan menjadi langganan banjir setiap tahunnya, pastikan Anda dan keluarga Anda mengetahui jalur evakuasi dan tempat pengungsian dan letakkan dokumen penting di tempat yang aman atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak. Buat perencanaan dengan keluarga, kalau perlu latihan evakuasi keluarga, sebagai persiapan jika banjir benar-benar datang. Sedangkan saat hampir banjir mesti mendengar pengumuman dan berita dari radio. Lalu penuhi tong, bak mandi, ember dan segala wadah air lainnya dengan air bersih. Karena saat banjir, air mungkin menjadi kotor dan sulit mendapatkan air bersih. Bawalah masuk perabot atau perkakas di luar rumah. Letakkan dokumen penting di tempat yang aman atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak. Tutuplah dengan aman stop kontak listrik, jika perlu padamkan listrik dan saluran gas rumah Anda. Kemudian beritahu anggota keluarga Anda dan bersiaplah untuk mengungsi.

(SaronoP Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster