Hewan Kaki Empat Akan Ditertibkan

 292 total views,  2 views today

Hewan kaki empat di Simpang Lima Talang Ubi. Tidak lama lagi hewan tersebut akan ditertibkan.

Hewan kaki empat di Simpang Lima Talang Ubi. Tidak lama lagi hewan tersebut akan ditertibkan.

PALI | KS-Meskipun Talang Ubi sudah menjadi ibukota Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, namun hewan kaki empat masih berkeliaran di pusat kota. Tidak jarang keberadaan hewan peliharaan itu menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Bahkan kadangkala sampai merenggut nyawa.

Namun tidak lama lagi hewan peliharaan itu akan segera ditertibkan. Badan KesbangpolPP dan Camat Talang Ubi akan turun tangan langsung menanganinya.

“Sekarang kita masih mendata pemilik hewan kaki empat kemudian akan kita berikan pengarahan dan pembinaan,” kata Camat Talang Ubi, Asrohi S.Sos MH, Minggu (19/1).

Dalam waktu dekat, lanjut Asrohi, pihaknya akan mengumpulkan pemilik hewan tersebut. “Sebagian lurah sudah menyelesaikan pendataan, tidak lama lagi pembinaan akan kita lakukan segera,” tambahnya.

Setelah dilakukan pembinaan, kemudian hewan kaki empat masih berkeliaran bebas, barulah Pemkab PALI akan melakukan penertiban. “Saat ini fokus kita masih pembinaan, nanti kalau masih berkeliaran tidak menutup kemungkinan akan akan kita kandangkan,” ujar mantan Kabag Pemerintahan ini.

“Sebenarnya kita bisa saja langsung¬† melakukan penertiban. Payung hukumnya ada yaitu perda Muara Enim. Tapi kita tetap mengedepankan pembinaan persuasif,” sambungnya.

Bebasnya hewan kaki empat ini berkeliaran di pusat kota bukan hanya mengganggu pemandangan. Sudah beberapa kali, kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengendara menabrak kambing atau sapi. Seperti yang terjadi di Simpang Raja beberapa waktu lalu. Salah satu warga tewas akibat menabrak rombongan sapi yang berkerumun dijalan,

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster