Korban Banjir Harapkan Bantuan

 340 total views,  2 views today

Banjir yg Menggenangi Jalan | Bagus Park

Banjir yg Menggenangi Jalan | Bagus Park

PALEMBANG, KS-Curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan di Kota Palembang, membuat beberapa kawasan di metropolis terendam banjir, terutama kawasan yang berada di Kecamatan Seberang Ulu (SU) I.

Sayangnya sampai saat ini, bantuan untuk korban banjir di Palembang tersebut belum juga diterima. Kondisi ini, sangat disayangkan sejumlah korban banjir yang dibincangi, Jumat (17/1). Mereka berharap bantuan dari pemerintah segera datang.

Andika (41), warga Kelurahan 5 Ulu ketika dibincangi, kemarin mengaku rumahnya sudah terendam banjir sekitar dua hari lalu. Musibah itu menurutnya, bukan hanya dialami oleh ia sendiri tetapi juga oleh warga lainnya di tiga Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan 5 Ulu.

“Saat ini, banyak warga yang mengeluhkan gatal-gatal. Banjir ini menghambat aktivitas warga, bahkan saya sudah tiga hari tidak bekerja. Bagaimana mau beraktivitas, jika jalan terendam. Selain itu, juga sibuk untuk mengungsikan barang-barang agar tidak terendam air,” ucapnya.

Menurut bapak tiga orang anak ini, seluruh masyarakat yang berada di bantaran Sungai Musi sudah biasa mengalami hal tersebut, karena apabila air pasang maka secara otomatis rumah mereka akan digenangi air. “Banjir sudah biasa, tetapi warga tetap berharap ada bantuan dari pemerintah,” ucapnya.

Roisa (37), warga lainnya di Kelurahan 5 Ulu mengaku saat ini warga sudah mendirikan posko bantuan.  “Kami berharap ada bantuan dari pemerintah seperti sembako, mie instan, air bersih dan obat-obatan. Namun sampai saat ini, belum ada. Padahal saat ini banyak warga yang mulai terserang penyakit akibat banjir seperti gatal-gatal, flu, batuk dan penyakit lainnya” keluhnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Anton Suwindro mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, sudah mendirikan 50 posko kesehatan yang disebar di setiap kawasan yang berpotensi tergenang banjir.

“Seperti di Padang Selasa Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Jalan Macan Lindungan, Jalan Tanjung Rawa, Kecamatan SU I, di Perum Amin Mulya, Kelurahan 15 Ulu, 7 Ulu, 9-10 Ulu dan beberapa tempat lainnya,” ungkapnya.

“Nantinya, di setiap posko ada empat sampai lima dokter dan dua tenaga medis yang stand by. Selain itu, juga disiagakan ambulance serta obat-obatan yang cukup,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster