Pemkab Siapkan TPA Alternatif

 209 total views,  2 views today

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA

-Atasi “Banjir” Sampah-

PALI | KS-Menumpuknya sampah di dalam Kota Talang Ubi mendapat perhatian serius Pemerintah Kabupaten PALI.

Menggunungnya sampah tersebut lantaran truk pengangkut sampah tidak bisa membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) KM 8 Handayani Mulia karena rusaknya akses jalan tersebut. Pemkab PALI kini mencari alternatif tempat pembuangan sampah tersebut.

“Kalau hujan, jalan menuju TPA sudah tidak bisa dilalui lagi. Satu-satunya cara untuk mengatasinya, kita cari tempat lain (TPA -red). Ini agar sampah tidak lagi menumpuk,” kata Drs Amirudin Tjikmat MM, Plt Sekda Kabupaten PALI kepada Kabar Sumatera, Kamis (16/1).

Amirudin mengaku, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan PT Pertamina EP Pendopo Field yang intinya mencari lokasi yang tepat dan bisa digunakan untuk dijadikan pembuangan sampah.

“Hasil pembicaraan itu, PT Pertamina EP menyediakan salah satu lokasi di eks pembuangan yang lokasinya disisi jalan menuju Desa Talang Akar. Tempat itu sendiri, sejak jaman dulu digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, namun sekarang sudah tidak digunakan lagi,” paparnya.
Namun Amiruddin menegaskan, di lokasi alternatif itu sifatnya hanya sementara saja. “Tempat itu kita pakai untuk darurat saja. Seperti musim hujan sekarang, saat TPA tidak bisa digunakan, kita gunakan tempat itu,” tegasnya.

Saat jalan menuju TPA sudah bisa dilalui, Amirudin memastikan, lokasi milik PT Pertamina itu tidak lagi digunakan. “Nanti kalau jalannya sudah kering, kita kembali memakai lokasi yang lama,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tumpukan sampah menghiasi setiap jalan di kota Talang Ubi. Truk pengangkut sampah yang biasanya memunguti sampah warga tidak bisa beroperasi.

Jalan menuju tempat pembuangan akhir rusak parah sehingga tidak bisa dilalui. Dua truk sampah bermuatan penuh yang biasa beroperasi terpaksa menginap di halaman kantor UPTD Kebersihan dan Pertamanan.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster