Panwaslu Nilai Kotak Suara Kardus Rawan

 234 total views,  2 views today

kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

PAGARALAM KS-Adanya kotak suara berhaban kardus yang ternyata juga diterima sebagai bagian logistik pemilihan umum di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pagaralam ditanggapi pihak Panwaslu dengan tegas. “Masalah kotak suara berbahan kardus tersebut memang agak riskan terjadinya kecurangan atau permaianan,” kata Ketua Panwaslu Kota Pagaralam, Haidir Murni SH, kemarin (16/1).

Menurutnya, kotak suara dari kardus dinilai begitu rentan, karena mudah rusak apalagi jika terkena air. Selain itu, sangat memungkinkan adanya kecurangan saat pemungutan suara berlangsung. Meski demikian, pihaknya sebagai pengawas pelaksanaan pemilu nanti akan bekerja keras mengawal jalannya pencoblosan.  “Pastinya kita akan awasi pencoblosan di bilik suara hingga mendapatkan C1,” kata Haidir.

Menyikapi hal itu lanjutnya,  Panitia Pengawas Lapangan (PPL) mesti bertanggung jawab penuh untuk mengawal Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga mendapatkan formulir C1 pada saat hari pencoblosan. “Setiap PPL akan mengawal 2 TPS yang berdekatan, sedangkan TPS yang berjauhan akan dikawal oleh satu orang PPL tiap-tiap TPS,” tambahnya.

Sementara Anggota Panwas lainnya Sahlan mengatakan, sejauh ini pihaknya secara resmi belum mengetahui secara detail kotak suara berbahan kardus tersebut.

“Kami akan mencari tahu langsung ke KPU dan meminta datanya secara resmi, mengingat sejauh ini berapa jumlah keseluruhan belum kita peroleh karena anggota KPU sedang mengikuti bimbingan teknis di Palembang,” kata Sahlan.

Sebelumnya, diberitakan kotak suara untuk pemilihan umum legislatif 2014 mendatang di Pagaralam terdapat sekitar 609 kotak yang terbuat dari kardus. Kotak tersebut akan dipergunakan untuk menyimpan surat suara yang dipergunakan bagi pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pagaralam, Hendri melalu Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik, Boy Arcan mengatakan, jumlah sebanyak 609 kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut pengadaannya semuanya dari pusat dan disalurkan lewat KPU Provinsi ke Pagaralam.

“Kita sudah menerima dalam bentuk seperti itu dan sudah diterima dalam kepengurusan KPU yang lalu,” singkatnya.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster