Dinkes Dirikan Posko Kesehatan

 147 total views,  2 views today

Dinkes OKI mendirikan posko bagi korban banjir yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Dinkes OKI mendirikan posko bagi korban banjir yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

– IDI OKI Berikan Bantuan Kelambu 

KAYUAGUNG I KS-Hingga hari ke 7, kondisi banjir seperti di Desa Awal Terusan, Terusan Laut dan Rawang Besar Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), belum juga surut. Bahkan, di Desa Rawang Besar sendiri, ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa.

Warga korban banjirpun mulai mengeluhkan penyakit gatal-gatal, terutama di bagian kaki seperti kutu air. Namun keluhan ini cepat direspon pihak Dinas Kesehatan OKI dengan mendirikan Posko Kesehatan di Desa Awal Terusan Kecamatan SP Padang.

Kepala Dinas Kesehatan OKI, dr Mgs HM Hakim MKes ditemui di Posko Kesehatan Desa Awal Terusan mengaku pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa sejumlah korban banjit mulai terserang penyakit gatal-gatal.

“Posko Kesehatan ini dibuka hingga banjir surut, ada beberapa warga yang telah mendatangi posko dengan keluhan gatal-gatal, mudah-mudahan setelah kita lakukan pemeriksaan dan diberikan obat penyakit gatal-gatal tersebut bisa membaik,” ujar Hakim, Kamis (16/1).

Pendirian Posko Kesehatan bagi korban banjir tersebut menurut Hakim karena kondisi puskesmas kecamatan setempat lokasinya cukup jauh dari lokasi banjir, sehingga warga terkadang enggan mendatangi puskesmas guna mengobati penyakit gatal-gatal tersebut.

“Jadi kita yang mendekatkan diri dengan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan di posko yang telah didirikan, warga kami himbau untuk mendatangi posko jika pada bagian tubuhnya terserang gatal-gatal. Insyaallah petugas medis yang telah kita siagakan dapat melayani kapan saja masyarakat membutuhkan,” tandasnya.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten OKI menyerahkan bantuan berupa mie instan sebanyak 50 dus dan 50 buah kelambu yang diperuntukkan bagi ibu-ibu di Desa Rawang Besar yang memiliki anak kecil.

“Kelambu ini diperuntukkan bagi ibu yang memiliki anak balita. Dalam kondisi seperti ini nyamuk demam berdarah mudah sekali berkembang biak dan akan menyerang warga terutama balita, untuk itu kita berikan bantuan 50 buah kelambu ini berikut mie instan sebanyak 50 dus,” ujar Ketua IDI Kabupaten OKI, dr Hery yang menyerahkan langsung bantuan itu kepada Kepala Desa Rawang Besar, Ruspan Effendi, Kamis (16/1).

Sementara itu Kepala Desa Rawang Besar, Ruspan Effendi mengaku kondisi air di desanya belum juga surut, ketinggian air yang paling parah terjadi di Dusun 3, dimana air mencapai dada orang dewasa. “Warga tidak bisa kemana-mana, ada sebagian yang telah mengungsi ke rumah kerabatnya di desa tetangga.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini warga merasa terbantu sekali karena warga sejak banjir datang tidak dapat beraktifitas seperti biasa,” bebernya.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster