Bupati MUBA Tagih Komitmen Mendagri

 124 total views,  2 views today

Bupati Musi Banyuasin dan sejumlah pimpinan SKPD Muba memberikan dukungan kepada tim SYSA yang sedang bertanding, Selasa (5/11/2013).

Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari

*Terkait Sumur Migas Suban IV

SEKAYU, KS-Bupati Musi Banyuasin (Muba), H Pahri Azhari menagih komitmen Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk segera mencabut Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 63 Tahun 2007 tentang Suban IV.

Apalagi kata Pahri, sebelumnya putusan Pengadilan Negeri (PN) Sekayu beberapa waktu lalu pun telah menyatakan Suban IV, milik Muba.  “Tidak ada alasan lagi bagi Mendagri, untuk tidak mencabut Permendagri tersebut. Sebab, peta batas wilayah yang salah satunya menjelaskan, batas wilayah Muba telah selesai dibuat dan UU Daerah Otonomi Baru (DOB) Muratara juga telah disahkan,” kata Pahri saat menerima audensi Partai Nasdem Kabupaten Muba, Kamis (16/1).

Pahri menyebut, bila tahun ini dana bagi hasil minyak dan gas (migas) dari Suban IV sudah diterima oleh Muba, maka Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muba 2015, akan mencapai Rp 4 triliun.  “Kuncinya tinggal komitmen Mendagri, sebab secara administrasi Suban IV milik Muba dan tidak ada persoalan lagi, untuk mencabut Permendagri tersebut,” ucap Pahri.

Pahri menegaskan, tidak ada alasan bagi pemerintah pusat untuk tidak segera mengembalikan dana bagi hasil migas dari Suban IV ke Muba. Sebab secara administrasi, Suban IV adalah sah milik Muba. Sehingga sudah seharusnya menurut Pahri, dana bagi hasil migas itu segera di cairkan ke Kabupaten Muba.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Muba, H Hairad Sudarso mengaku Partai Nasdem siap membantu untuk mengembalikan Suban IV secara untuh ke Kabupaten Muba. “Masalah Suban IV ini, lebih ke persoalan politis. Secara administrasi sudah tidak ada persoalan lagi, tinggal kebijakan politiknya yang harus didorong.  Butuh saluran politik, untuk mendorong mengembalikan Suban IV ini  ke Muba dan juga membutuhkan pressure,” ungkap Hairad.

Ia mengatakan, Partai Nasdem siap memberikan pressure ke pemerintah pusat agar segera mengembalikan Suban IV secara utuh ke Kabupaten Muba, termasuk soal dana bagi hasilnya. Menurut Hairad, DPD Partai Nasdem Muba akan mengkomunikasikan persoalan itu ke DPP Partai Nasdem.

“Dana bagi hasil dari Suban IV, adalah masyarakat Muba. Sehingga sudah seharusnya pemerintah pusat, segera membayar dana bagi hasil tersebut. Apalagi saat ini, dana bagi hasil itu tidak jelas masuk ke mana,” tukasnya.

 

TEKS              : BAGUS SANTOSO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster