Akses Menuju PALI Terancam Putus

 598 total views,  2 views today

Dua jembatan yang berada di Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi dan di Desa Darmo Kasih, Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, rusak parah.

Dua jembatan yang berada di Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi dan di Desa Darmo Kasih, Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, rusak parah.

-Dua Jembatan, Satu Gorong-Gorong Rusak Parah-

PALI | KS-Dua jembatan yang berada di Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi dan di Desa Darmo Kasih, Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, rusak parah.

Selain itu, box culvert (gorong-gorong-red), di Simpang Raja Kelurahan Handayani Mulia kec Talang Ubi kondisinya nyaris ambruk. Bila satu diantara ketiganya ambruk, ibukota Kabupaten PALI akan terisolir. Akses menuju ke Talang Ubi bakal terputus.

Mardi, warga Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi, mengungkapkan, kondis jembatan tersebut rusak parah. Menurutnya, warga yang melintas harus ekstra hati-hati jika melewati jembatan tersebut. “Lewat jembatannya takut saya. Banyak besi yang patah,” katanya

Menurut Mardi, seharusnya PT MHP cepat tanggap untuk memperbaiki jembatan tersebut. Apalagi truk-truk pengangkut kayu milik PT MHP setiap hari melwati jalan tersebut.

“Mobilnya bisa ngangkut 40 ton kayu, bayangkan kalau lewat jalan itu putus, pasti kami tidak bisa ke Pendopo, keluhnya usai melintas di Jembatan Rohul Desa Darmo Kasih.

Plt Sekda Kabupaten PALI, Drs Amirudin Tjikmat MM, saat dihubungi KabarSumatera mengakui bahwa kerusakan pada tiga titik itu menjadi fokus perhatian pihaknya. “Sudah menjadi perhatian kita. Bahkan PT MHP sudah kita surati untuk segera memperbaikinya,” kata Amirudin.

Namun, lanjut Amirudin, PT MHP secara lisan menyatakan akan membawa permasalahan ini melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). “Mereka akan membicarakan hal ini melalui RUPS dulu,” tambahnya.

Bukan itu saja, menurut Amirudin pihaknya juga mendesak PT MHP agar menyelesaikan sisa 3,9km yang belum dicor PT MHP. Pemkab PALI mendesak penyelesaian cor jalan ini, karena Pemkab berencana akan mengaspal jalan itu.

“Kita berencana mengaspalnya. Makanya kita minta mereka menyelesaikan pengecoran,” imbuhnya.

Sementara itu, Taufan Syarif, Legal Manajer PT MHP mengakui pihaknya telah menerima surat dari pemkab, dan saat ini menunggu keputusan manajemen.

Taufan juga mengakui, perbaikan jembatan dan gorong-gorong di ruas jalan Simpang Belimbing – Simpang Raja menjadi tanggung jawab PT MHP. “Setahu saya memang tanggung jawab kami. Tapi kepastiannya akan kita diskusikan dulu dengan divisi konstruksi,” ujar Taufan.

Pantauan wartawan, beberapa besi penampang jembatan sudah patah, bahkan badan jembatan sudah menurun sehingga lebih rendah dari badan jembatan.

Setiap hari puluhan tronton dan triller pengangkut kayu logging melintas dijembatan itu. Kayu logging itu diangkut dari daerah PALI menuju PT TEL di Rambang Dangku-Muara Enim.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster