Target e-KTP Dipastikan Melenceng

 195 total views,  2 views today

ektp

PAGARALAM KS-Rencana penyelesaian e-KTP akhir 2013 lalu, sudah dipastikan tidak tercapai. Mengingat realisasi penyelesaian terutama perekaman masih menyisakan masalah.

“Ada human error dalam pendataan yang dilakukan pihak pusat, hingga butuh pembenahan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Dukcapil), M. Rasyidi Asin SH melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Surono, Rabu (15/1).

Menurut Surono, sejauh ini terdapat sekitar 42.015 data yang hilang akibat kesalahan pendataan yang dilakukan pusat. Pihaknya akan segera mengecek dan melakukan perekaman e-ktp ulang bagi warga yang NIK nya salah setelah itu tim e-ktp juga bakal mendatang warga yang belum sempat membuat e-ktp lantaran terbaring sakit di rumah.

“Jadi nanti tidak ada warga yang tidak ada KTP, kami akan jemput bola menyisir siapa saja yang belum membuat e-ktp,” ujarnya.

Lanjutnya, perekaman ulang tersebut dijadwalkan dilakukan kecamatan-kecamatan yang ada dengan dilakukan bergilir di setiap kelurahan. Nah, untuk itu harus segera diperbaiki, sementara perbaikan itu harus dilakukan pemerintah kota Pagaralam dalam hal ini Disdukcapil.

“Kendati demikian, kita terpaksa bekerja lebih keras lagi dengan mengulang perekaman sendiri. Sementara pihak pusat hanya membantu personilnya saja,” lanjutnya.

Ia mengatakan, mengenai peralatan pembuatan e-ktp, sejauh ini dalam kondisi baik. Pihaknya berharap ke depan tidak ada masalah sehingga target pemerintah pusat selesai tahun ini dapat dicapai dengan baik. “Hingga kini tidak ada masalah,dan kedepan jangan sampai ada masalah,” harapnya.

Lebih jauh Surono menghimbau, bagi warga yang belum membuat e-ktp dapat segera mendatangi kantornya atau datang ke kecamatan atau kelurahan, Begitu pula yang belum mendapat undangan pihaknya tetap melayani asalkan membawa ktp lama dan kartu keluarga (kk).

“Jika ada yang belum mendapat undangan datang saja kesini kita layani,” tegasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, sebanyak 71.153 jumlah perekaman sudah dilakukan di lima kecamatan sejak dua tahun terakhir. Namun akibat kekeliruan data dari pusat terpaksa warga mengulangi lagi perekaman di awal 2014 ini.

“Saya tidak tahu kenapa bisa salah, tapi ini menandakan produk e-ktp yang dicanangkan pusat ini terkesan tidak siap,” kata Erfandi, warga Beringin Jaya, seraya berujar perekaman ulang ini mudah-mudahan tidak keliru lagi,  mengingat fungsi KTP tersebut begitu permanen bukan ktp sementara seperti yang dipunyai banyak orang.

 

TEKS  : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster