Sejumlah Jalan Tergenang Air

 144 total views,  2 views today

Banjir | Bagus Park

Ruas Jalan yang tergenang Oleh Banjir | Foto : Bagus Park

PALEMBANG, KS-Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang beberapa hari terakhir, membuat beberapa jalan di metropolis digenangi air. Pantauan Kabar Sumatera, sejumlah jalan yang tergenang oleh air tersebut diantaranya Jalan Kapten A Rivai, tepatnya di depan kantor Gubernur Sumsel.

Hal yang sama juga terjadi di Jalan Veteran, tepatnya di depan kampus Universitas Taman Siswa.  Kemudian di Jalan Angkatan 45 tepatnya di depan kantor XL, Jalan Mayor Ruslan, Sekip, Jalan Kolonel H Burlian depan Darma Agung.

Kondisi ini, tak pelak dikeluhkan masyarakat.  “Sepertinya pemerintah lamban,mengatasi genangan air. Sehingga ketika melintas di jalan yang tergenang air, pengendara harus merayap,” keluh Arman, salah seorang karyawan swasta yang dibincangi saat melintas di Jalan Kapten A Rivai, Rabu (15/1).

Arman berharap, pemerintah cepat tanggap untuk mengatasi permasalahan genangan air ini, karena hal tersebut berdampak kemacetan. “Pemerintah harus mencarikan solusi, misalnya air di sedot, sehingga Jalan tidak di genangi air lagi, dan lalu lintas tetap lancar,” harapnya.

Keluhan senada disampaikan Habibi (26). Dibincangi saat melintas di kawasan Jalan Veteran, ia menyebut setiap hujan mengguyur Palembang, pasti di kawasan tersebut di genangi air.

Ia mengaku, genangan air di daerah tersebut sudah lama terjadi. Namun, sampai sekarang belum ada solusi yang pasti. “Kalau hujan tiga jam saja, pasti di genangi air. Warga disini sudah biasa dengan genangan air, ketinggian air biasanya sekitar 20-30 centimeter,” akunya.

Habibi menyebut, banyak kendaraan roda dua yang mogok, ketika melintasi jalan tersebut. Ia berharap pemerintah cepat mengatasi genagan air di kawasan tersebut. “Sebagai masyarakat, saya berharap wali kota maupun gubernur cepat selesaikan masalah ini,” pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air  (PSDA) Palembang, Dharma Budhi menyebut,  tergenangnya sejumlah jalan di kota empek-empek ini oleh air disebabkan curah hujan yang tinggi.

Selain itu menurutnya, genangan air juga disebabkan karena banyak drainase yang tersumbat, sehingga air tidak mengalir. “Kami sebenarnya sudah lakukan pengerukan sampah di drainase-drainase namun karena derasnya curah hujan, menyebabkan air masih menggenangi jalan,” ungkapnya.

Genangan air tersebut sambungnya,  juga disebabkan minimnya  serapan air. Sehingga saat hujan deras mengguyur Palembang maka sejumlah kawasan akan tergenang.  Selain itu sebut Budhi, untuk mengatasi genangan air ini, pihaknya sudah membuat folder, seperti di Jalan Kapten A Rivai.

Sehingga ketika air mulai menggenangi jalan, folder akan dihidupkan. “Kita akan melakuan  normalisasi sungai dan drainase, dengan cara begitu kita harapkan genangan air semakin berkurang. Selain itu, kita juga akan membangun folder air tepatnya di halaman kantor gubernur. Folder ini, berfungsi menyedot air dan kita alirkan ke Sungai Musi,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster