Pesta Besar Minim Fasilitas

 174 total views,  2 views today

Pemilihan Umum | Foto : Bagus Park

Pemilihan Umum | Foto : Bagus Park

PAGARALAM KS-Pengadaan kotak suara untuk pemilihan umum legislatif 2014-2019 di Pagaralam terdapat sekitar 609 kotak yang terbuat dari kardus. Kotak tersebut akan dipergunakan untuk menyimpan surat suara yang dipergunakan bagi pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam Hendri melalui Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik, Boy Arcane mengatakan, jumlah sebanyak 609 kotak suara yang terbuat dari kardus itu pengadaannya semuanya dari pusat dan disalurkan lewat KPU Provinsi ke Pagaralam.

“Sejauh ini kita sudah menerima dalam bentuk seperti itu dan sudah diterima oleh KPU kepengurusan yang lalu,” kata Boy.

Lanjutnya, adanya kotak suara terbuat dari kardus tersebut nantinya untuk memilih DPD Selain itu, fasilitas yang ada tersebut  guna meminimalisasi kecurigaan akan adanya kecurangan terutama dalam pemilihan caleg DPRD Kota, DPRD Provinsi maupun DPRRI.

“Diharapkan jika untuk DPD kecurigaan tidak terlalu besar karena kepentingannya tidak sekental yang lain,” terangnya seraya berujar kekurangan bilik suara sebanyak 90-an lagi dan sejauh ini kita  sudah mendatangi langsung KPU Provinsi untuk meminta tambahan kekurangan tersebut.

Menyoal itu, Wakil Ketua II DPD PAN Pagaralam, Erwan AR mengatakan, seharusnya KPU lebih serius lagi menyikapi hal ini. Karena kesan yang timbul dari pengadaan kotak dari kardus itu main-main.

“Sebetulnya ini pesta besar yang anggarannya juga besar, karenanya sangat riskan jika kotak suara terbuat dari kardus yang jika kena basah atau kehujanan dapat dengan cepat rusak,” kata Erwan menyayangkan.

Ia berharap, dalam hal ini pihak KPU mesti benar-benar bertanggung jawab bila terjadi sesuatu yang di luar dugaan seperti rusak atau basah. Karena fasilitas yang ada dinilai begitu meragukan. Apalagi nantinya seluruh hasil pemungutan suara disimpan di kotak terlebih dahulu sebelum dihitung.

“Apakah pihak KPU mau menjamin bila kotak suara tersebut robek atau terbuka,” tambahnya seraya berujar pada pelaksanaannya nanti sangat memungkinkan terjadinya aksi perotes dari seluruh kalangan.

Sebagai informasi, dari data terakhir yang diselenggarakan KPU 1 November 2013 lalu seluruh jumlah DPT yang ada menjadi 101.245. mereka akan melaksanakan hak pilihnya di 450 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di 35 Kelurahan se-Kota Pagaralam.

 

TEKS:ANTONI STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster