Pemkab PALI Desak PT MHP Perbaiki Jalan

 689 total views,  2 views today

Ruas Jalan Talang Ojan-Tanjung Baru yang akan jadi prioritas untuk dibangun menjadi mulus pada tahun 2014.

Ruas Jalan Talang Ojan-Tanjung Baru yang akan jadi prioritas untuk dibangun menjadi mulus pada tahun 2014.

-100 km Jalan di PALI Akan Mulus-

PALI | KS-Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mendesak, agar PT Musi Hutan Persada (MHP), segera merealisasikan sisa pengecoran jalan sepanjang 3km yang merupakan tanggungjawabnya.

Sebagaimana diketahui, ruas jalan Teluk Lubuk – Simpang Raja menjadi tanggung jawab PT MHP selaku perusahaan pengguna jalan tersebut. Sisanya Simpang Raja – Pendopo menjadi tanggung jawab PT Pertamina EP.

PT Pertamina sudah menyelesaikan ruas yang menjadi tanggung jawabnya. Sementara PT MHP masih menyisakan 3km lagi.

“Ya, kita minta PT MHP segera selesaikan sisa tanggung jawabnya sepanjang 3km itu. jadi 2014 ini seluruh jalan Pendopo-Teluk Lubuk bisa mulus semua,” ungkap Penjabat Bupati PALI, Heri Amalindo, Rabu (15/1), kemarin.

Lanjut Heri, pihaknya berharap perusahaan dapat berpartisipasi dengan membangun beberapa titik lainnya. “Kalau secara rutin kita gotong royong menyelesaikan jalan itu, lama-lama akan mulus juga. Kita lihat saja komitmen perusahaan ke depan,” jelasnya.

Sementara itu untuk tahun 2014, Pemkab PALI akan membenahi beberapa infrastruktur jalan yang kondisinya memperihatinkan. Tidak tanggung-tanggngu, pemkab berencana akan0 memuluskan 100 km jalan yang ada di kabupaten yang baru dimekarkan ini.

“Untuk tahun ini kita rencanakan 100 km jalan yang ada di PALI akan kita buat mulus,” kata Hei Amalindo.

Menurutnya, jalan 100 km yang menjadi prioritas tersebut adalah jalan Talang Ojan-Tanjung Baru, Jalan Karang Agung – Prambatan, Jalan Tanah Abang – Modong, Jalan Teluk Lubuk – Talang Ubi dan Jalan Talang Ubi – Semangus.

Untuk jalan Talang Ojan – Tanjung Baru akan dibangun seluruhnya. Heri beralasan jalan tersebut merupakan urat nadi perekonomian PALI. Jalan itu menghubungkan tiga kecamatan dari lima kecamatan yang ada. Bila jalan tersebut mulus, maka akan memacu perekonomian Talang Ubi.

“Nanti masyarakat Penukal dan Penukal Utara akan lebih mudah berbelanja ke Talang Ubi. Otomatis membantu pertumbuhan ekonomi tiga kecamatan ini,” urai Heri.

Selain itu, ruas jalan Teluk Lubuk-Pendopo akan di erikan tambahan layer (aspal), Sehingga bisa membuat daya tahan jalan lebih lama dan membuat nyaman pengendara.

Dua ruas jalan  yakni jalan Prambatan-Karang Agung juga akan diselesaikan oleh Pemkab. Apalagi ruas jalan itu sudah dijanjikan Subernur Sumsel untuk dibangun mulus.

Ruas jalan Tanah Abang-Modong juga menjadi prioritas pemkab. “Jalan itu merupakan pintu gerbang PALI, masyarakat menggunakannya untuk berbelanja ke Palembang dan Prabumulih. Karena itu akan menjadi prioritas kita,” tambahnya.

Sementara ruas Talang Ubi – Semangus yang selama ini hancur lebur tidak lepas menjadi target Heri di tahun 2014. Meskipun jalan itu merupakan jalan milik perusahaan, tidak mengurungkan niat Heri untuk menuntaskannya. Beberapa titik jalan yang selama ini menjadi biang kerusakan akan dipasang concrate (cor) sehingga permasalahan jalan rusak tidak lagi mengganggu masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pokok atau mengeluarkan hasil pertanian.

“Tidak masalah jalan itu milik perusahaan, tetap kita bangun. Toh yang memanfaatkannya masyarakat PALI juga,” tambah Heri.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster