Pasar Terapung Akan Dihidupkan Kembali

 630 total views,  2 views today

Suasana Pasar Terapung yang berada di Sungai Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Suasana Pasar Terapung yang berada di Sungai Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sungai Musi, adalah kebanggan warga Palembang. Sejak zaman kerajaan Srwijaya, Sungai Musi menjadi pusat perdagangan. Oleh karena itu Wali Kota Palembang, H Romi Herton SH MH, akan mengembalikan fungsi Sungai Musi, sebagai pusat perdagangan.

Caranya, dengan menghidupkan kembali pasar terapung di Sungai Musi. Hal ini di ungkapkan Romi, saat mengunjungi Kota Banjarmasin, Kalimatan Selatan, belum lama ini. Menurutnya,  persamaan antara Palembang dan Banjarmasin menjadi dasar pemikirannya, untuk menghidupkan kembali pasar terapung modern di sepanjang Sungai Musi.

“Perdagangan diatas Sungai Barito, Banjarmasin masih sangat kental dan hidup. Masyarakat memanfaatkan sungai, sebagai tempat transaksi perdagangan, dengan berbagai jenis dagangan. Suasana ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, wisatawan seakan sedang bertamasyah dan menikmati keindahan Sungai Barito secara langsung, sambil menyaksikan masyarakat setempat bertransaksi,” kata Romi.

Romi mengatakan, jukung-jukung serat muatan barang dagangan sayur-mayur, buah-buahan segala jenis ikan dan berbagai kebutuhan rumah tangga tersedia di pasar terapung tersebut. Menurutnya, hal inilah yang akan di lakukan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dimana dulu Sungai Musi pernah menjadi pusat perdagangan.

“Kita akan wujudkan pasar terapung ini di Palembang, kita memiliki Sungai Musi yang sangat luar biasa potensinya. Nanti, jika pasar terapung ini terwujud maka wisatawan akan melihat keindahan Sungai Musi, sehingga nantinya perlahan-lahan ini bisa memperbaiki perekonomian masyarakat dengan berdagang di Sungai Musi,” harapnya. (ADV)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster