Parpol Deklarasikan Pemilu Damai

 389 total views,  2 views today

12 partai politik peserta Pemilu 2014 menggelar silaturahmi dan pencanangan Pemilu Damai Calon Legislatif Daerah Pemilihan (Dapil) II PALI

12 partai politik peserta Pemilu 2014 menggelar silaturahmi dan pencanangan Pemilu Damai Calon Legislatif Daerah Pemilihan (Dapil) II PALI

PALI | KS-Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), melalui Badan Kesatuan Bangsa Polisi Pamong Praja (Kesbang Pol PP) bersama 12 partai politik peserta Pemilu 2014 menggelar silaturahmi dan pencanangan Pemilu Damai Calon Legislatif Daerah Pemilihan (Dapil) II PALI, di Gedung Pesos, Komplek Pertamina EP Field Pendopo, Rabu (15/1).

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pembacaan ikrar bersama pemilu damai 9 April 2014 serta penandatanganan kesepakatan bersama seluruh partai politik peserta Pemilu di Kabupaten PALI untuk pemilu damai.

Isi peryataan tersebut yakni para Caleg Dapil II Muaraenim Kabupaten PALI, mentaati seluruh aturan Pemilu dan mengikuti tahapan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian, menolak segala bentuk politik uang dalam semua tahapan pemilu. Serta, menolak segala bentuk tindak kekerasan dalam menyelesaikan sengketa pemilu dengan mengendepankan musyawarah dan proses hukum sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM mengajak seluruh peserta menciptakan pemilu damai dan menghindari gesekan. Menurut dia, dengan adanya silaturahmi dan pencanangan pemilu damai calon legislatif dapil II ini, situasi di kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan ini diharapkan kedepan tetap aman dan terkendali.
“Jika pemilu damai tercipta di Kabupaten PALI, diyakini akan dapat membantu perkembangan pembangunan di daerah ini. Dengan persatuan dan kesatuan, kita dapat membangun dengan baik. Perbedaan itu bagus dan lebih baik. Sehingga dapat mengenal satu dengan yang lain,” katanya.

Kalaupun ada masalah, menurut Heri, semuanya dapat diselesaikan. “Jika bermusyawarah semuanya dapat diselesaikan. Karena  tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolres Muara Enim, AKBP M Aris, menyatakan banyak konflik sosial yang terjadi di PALI. Baik masalah antara masyarakat dan perusahaan, maupun masalah masyarakat dengan masyarakat itu sendiri.

Ia juga berharap, sosialisasi pemilu damai dapat tercipta dan semuanya dapat berjalan dengan baik di PALI. Khususnya pada saat penyelenggaraan pemilu.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengamankan sebanyak 311 TPS di Kabupaten PALI. Masyarakat dituntut peran serta dari berbagai elemen yang ada di daerah ini.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Inf Ruslan, Kapolres Muaraenim AKBP Muhamad Aris SH SIK, Ketua KPUD Muara Enim, Rohani, Kajari Muaraenim, Panwaslu Muaraenim, para caleg dapil II PALI, serta para pejabat yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten PALI.

 

Teks/Foto  : Indra Setia Haris

Editor          : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster