Harga Cabai Tembus Rp 60.000 Per Kg

 142 total views,  2 views today

Cabai

Cabai

PALEMBANG KS-Sejak dua hari terakhir, harga cabai merah keriting di sejumlah pasar di Kota Palembang, terutama di Pasar Km 5 mengalami kenaikan cukup signifikan. Jika sebelumnya harga cabai merah keriting hanya Rp 35.000 per kilogram. Namun kini melonjak hampir 100% menyentuh angka Rp 60.000 per kg.

Kenaikan harga cabai merah keriting itu lebih disebabkan karena berkurangnya suplai pasokan lantaran petani disejumlah wilayah di Sumsel mengalami gagal panen.

“Ya, biasanya dalam sehari mampu menjual 30 kilogram cabai merah keriting, namun kini tidak bisa lagi. Paling habis dalam waktu dua pekan. Untuk beli ditingkat agen saja sudah Rp 58.000 per kg,”kata Marinanti, pedagang Km 5, kemarin (15/1).

Sementara untuk harga cabai rawit tidak mengalami kenaikan dan tetap bertengger diangka Rp 40.000 per kg.

Akibat tingginya harga cabai merah keriting, lanjut dia, berimbas pula terhadap kuantitas pembeli. Sekarang ini rata-rata pembeli yang membeli cabai hanya sekitar 5-10 orang setiap hari.

“Biasanya pembeli mencapai 20 orang lebih dan 30 kg habis terjual. Namun kini untuk menghabiskan 30kg saja sangat lama sekali. Ya, paling yang membeli rata-rata merupakan pelanggan tetap,”jelasnya.

Dia mengaku, mengambil pasokan cabai langsung dari Pasar Induk Jakabaring. Menurut penuturan pedagang disana kalau tingginya harga cabai itu lebih disebabkan petani gagal panen sehingga berimbas terhadap suplai cabai.

“Kami heran juga mengapa hanya harga cabai merah keriting yang naik signifikan. Sementara untuk bumbu dapur lainnya seperti bawang, sayur mayur tidak mengalami kenaikan,”ujarnya.

Dia hanya berharap pemerintah untuk segera mengintervensi harga cabai dipasaran agar kembali normal.

Sementara itu, Kepala Pasar Km 5, Asmidal Busri menjelaskan untuk persoalan harga sayur mayur dan bumbu dapur, pihaknya tidak bisa mengintervensi harga tersebut dan masalah harga dikembalikan ke pasar. “Sesuai dengan hukum ekonomi, apabila demand masyarakat akan barang semakin meningkat, maka otomatis harga akan barang itu juga akan mengalami peningkatan,”terangnya.

Saat ini, lanjutnya, PD Pasar Km5 memiliki sekitar 300 petak (kios) dan 161 los. Operasional di pasar Km 5 dimulai pukul 03.00WIB hingga pukul 10.00WIB.

 

TEKS      : ROMI MARADONA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster