20 Usaha Kecil Dapat Dana Bantuan Kube

 212 total views,  4 views today

Usaha Kecil Menengah (UKM)

Usaha Kecil Menengah (UKM)

PALEMBANG | KS-Masyarakat Kota Palembang mulai tahun 2014 mendapat dana bantuan kelompok usaha bersama (kube) dari program keluarga harapan (PKH) Kementerian Sosial sebesar Rp 20 juta per kelompok.

Menurut Faizal AR, Kepala Dinas Sosial Palembang pihaknya mengajukan sebanyak 30 usaha untuk diberikan bantuan dana kube dari program keluarga harapan tersebut.

“Tahun ini sebanyak 20 kelompok masyarakat yang memiliki beragam usaha telah lolos verifikasi untuk mendapatkan bantuan dana kube,” katanya, Rabu (15/1).

Namun, setelah proses verifikasi hanya 20 usaha yang akan diberikan bantuan dana kube yang bergerak dibidang pembuatan makanan dan tekstil serta kerajinan tangan khas Palembang.

Ia mengatakan, setiap kube beranggotakan minimal 10 orang dan masing-masing telah menjalankan usaha paling tidak dua tahun.

Pendistribusian dana kube tersebut sampai kini masih menunggu kementerian sosial untuk langsung disampaikan kepada penerima yang tersebar di palembang.

Dia menjelaskan, bantuan dana untuk usaha tersebut menjadi salah satu program pemerintah pusat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah.

Dengan direalisasikannya program penyaluran bantuan kube itu pihaknya optimistis secara bertahap terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang kini mayoritas menjalankan usaha rumahan itu.

Faizal menambahkan, program-program selanjutnya diharapkan bisa direalisasikan dengan segera dengan target mampu mengurangi angka kemiskinan. Sementara jumlah penerima dana PKH untuk biaya sekolah dan peningkatan gizi di Kota Palembang meningkat 8.915 dari tahun sebelumnya 13.429 jiwa.

TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster