Waspadai Tiga Jenis Penyakit

 227 total views,  2 views today

Ilustrasi Health

Ilustrasi Healtesehatan

PALEMBANG, KS-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Anton Suwindro menghimbau, warga Palembang untuk menjaga kebersihan lingkungan, guna mengantisipasi berbagai penyakit terutama tiga jenis penyakit yang biasa mengancam saat musim penghujan yakni Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Diare dan Demam Berdarah Degue (DBD).

“Sekarang kan musim penghujan, biasanya berbagai penyakit mengalami peningkatan, oleh sebab itu harus menjaga kebersihan, jangan sampai ada penumpukan sampah,” himbau Anton, belum lama ini.

Menurut Anton, biasanya di musim penghujan seperti ini, beberapa penyakit kerap kali muncul, seperti penyakit kulit, DBD , diare, dan ISPA. Sebut Anton, salah satu untuk menghindari penyakit tersebut, lingkungan harus bersih. “Minimal, memperhatikan kebersihan lingkungan, selain itu, makan-makanan dengan gizi seimbang, dan cukup istirahat,” katanya.

Anton menyebutkan, saat ini pihaknya sudah mensiagakan Puskemas, untuk menjadi rujukan warga sebagai antisipasi, khusunya diwilayah yang rawan banjir. Anton menjelaskan, penyakit ISPA bukan hanya menyerang ketika musim kemarau saja.

Di saat musim hujan bebernya, ISPA juga bisa menyerang dikarenakan adanya pengaruh cuaca dingin. “Jika ada kawasan banjir, kita akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan lurah, dalam penyedian posko kesehatan, “ungkapnya.

Untuk obat-obatan sambungnya, Dinkes sudah mensuplai obat-obatan ke Puskesmas yang memerlukan.  “Obat-obatan di Puskesmas, sudah kita tambah semua. Jadi apabila warga memerlukan, ketersediannya sudah ada,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster