Sopir Travel Angkut Minyak Ilegal

 283 total views,  2 views today

Ilustrasi Minyak

Ilustrasi Minyak

PALEMBANG, KS –Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polresta Palembang, berhasil menangkap enam pelaku Ilegal Tapping, Selasa (14/1). Para pelaku tertangkap tangan saat membawa minyak ilegal yang berasal dari Desa Sungai Angit,  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Para pelaku yang mengangkut minyak adalah Dedi (30), Miko (25), Yusuf (32), Amin (37), Indi (35) dan Leman (20). Keenam pelaku merupakan sopir dan kernet travel jurusan Palembang-Kayuagung dan warga Tanjung Raja, Kabupaten OI.

Petugas berhasil mengerebek pelaku saat melintas di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Alang-alang Lebar. Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa tiga unit mobil, yakni dua unit Toyota Kijang Kapsul warna hijau BG 1217 LN dan BG 1257 J serta Suzuki Ertiga warna pitih dengan nomor polisi BH 1948 HH.

Dari dalam semua  kendaraan tersebut terdapat tedmond dan derigen berisi minyak tanah yang di duga minyak ilegal sebanyak 4.000 liter.

Yusuf, salah satu pelaku mengatakan, dirinya terpaksa mengangkut minyak tersebut dikarenakan pekerjaanya sebagai supir trevel beberapa minggu belakangan ini sepi penumpang.

“Penumpang sepi Pak, jadi kami ngankut minyak ini, apa lagi di daerah Muba selama ini aman-aman saja jika mengangkut minyak,” katanya Selasa (14/01)

Sementara,  Dedi yang juga merupakan salah satu pelaku menambahkan, rencananya minyak tersebut akan dijual secara eceran di Desa Tugumulyo, Kabupaten OKI.

Dirinya bersama rekan rekanya membelinya dari Pendi (DPO)  warga Desa Sungai Angit, seharga Rp 900 ribu per drum,

“Dalam perliternya akan di jual seharga  Rp 5.000 Pak, kadang kami juga mencari dari para pengumpul yang kemudian di jual secara eceran,” ujarnya seraya menambahkan dirinya hanya mendapatkan upah membawa minyak sulingan dari Sungai Angit ke Tugumulyo dari Yanti (DPO) dengan upah Rp 300 ribu.

Sementara itu, Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting melalui Kasat Reskrim Kompol Djoko Julianto membenarkan penangkapan tersebut.

“Pelaku dan barang bukti saat ini telah diamankan di Polresta Palembang, Awalnya petugas mencurigai kendaraan yang di gunakan oleh para pelaku, saat dilakukan pengeledahan di temukan barang bukti  di dalam kendaraan mereka. Saat ini kita masih melakukan pengembangan dan memeriksa ke enam pelaku secara intensif,” pungkasnya.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster