PSSI Sumsel Bina Pesepakbola Usia Dini

 166 total views,  2 views today

Jajaran petinggi PSSI Sumsel saat melakukan Sosialisasi pengurus di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Minggu (12/1). Foto ; Saddam/KS

Jajaran petinggi PSSI Sumsel saat melakukan Sosialisasi pengurus di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Minggu (12/1). Foto ; Saddam/KS

 

-Kembangkan Bibit Pemain Muda Menuju Timnas-

Palembang, KS –Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Sumatera Selatan (Sumsel), terus membenahi pembinaan persepakbolaan Sumsel yakni dengan merencanakan akan membentuk pembinaan pemain muda lokal pada usia 16-21 tahun.

Rencana tersebut mendapat apresiasi dari Sekretaris Jenderal (Sekjen), PSSI Pusat, Djoko Driyono yang hadir dalam rapat PSSI Sumsel di Hotel Swarna Dwipa, Selasa (14/1), kemarin

Dalam kesempatannya, Sekjen PSSI Pusat, Djoko Driyono mengatakan, pihaknya mendapatkan tantangan dari PSSI Sumsel terkait rencana akan membentuk pendidikan dan latihan atlit sepakbola kelompok umur 16-21.

“Saya lihat dulu ini arahnya kemana, apakah menjadi penyumbang pemain nasional ataukan untuk daerah saja,” kata Djoko, Selasa (14/1) kemarin.

Meski demikian, Djoko menilai program yang direncanakan PSSI Sumsel sangat baik. Selaku pengurus PSSI Pusat akan menindaklanjuti dan mendukung program tersebut. Jika hal tersebut dapat dilaksanakan, pihaknya akan berencana mengulirkan kompetisi untuk mengisi kekosongan sebelum dilaksanakan PON.

“Melihat program yang dilaksanakan Sumsel ini memberikan masukan bagi kami untuk menggulirkan kompetisi dua tahun sekali bagi pemain, mengingat jarak waktu menunggu PON empat tahun sekali,” jelasnya.

Ia menilai, selama ini belum ada kompetisi nasional kategori umur tersebut. Kompetisi antar provinsi dan kabupaten menjadi tugas negara dalam hal ini PSSI Pusat. Kepentingan kompetisi ini tujuan untuk nasional.

“Mengandalkan kompetisi kelompok umur dua tahun  sekali untuk mengisi kekosongan yang arahnya nanti untuk mengisi timnas,” paparnya.

Program yang direncanakan oleh Sumsel ini sejalan dengan program PSSI Pusat yang berencana untuk membentuk timnas dari tiga kategori umur. “Jika tujuan mengarahkan untuk kepentingan nasional ini sejalan dengan program PSSI Pusat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PSSI Sumsel, Rizal Abdullah mengatakan program ini akan dimulai pada 1 Februari mendatang. Pihaknya akan melakukan  menyeleksi para atlit sepak bola dari usia muda tersebut. Ada 30 pemain yang akan di bawa untuk mengikuti diklat dalam pembinaan berbasis saint teknologi serta Information teknologi.

Tujuan dilaksanakan program ini selain untuk menargetkan Sumsel lolos PON mendatang juga menjadikan Sumsel sebagai lumbung pemain sepak bola nasional.

“Program ini akan mulai berjalan pada awal Februari mendatang. Harapannnya Sumsel lolos PON dan para pemain dapat mengisi skuad timnas,” tukasnya.

 

Teks : Saddam Suryanda

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster