Panwaslu Canangkan Sabtu Bersih

 173 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Masih maraknya pelanggaran atribut atau alat peraga kampanye yang dilakukan para calon anggota legislatif (Caleg) DPD, DPR dan DPRD provinsi, kota di wilayah Palembang, terutama di pohon dan tiang-tiang listrik/ telepon, membuat gerah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Ketua Panwaslu Palembang, Riduwansah mengatakan pihaknya akan turun kebawah untuk melakukan pembersihan, dengan menurunkan alat peraga tersebut. “Kita mencanangkan Sabtu bersih yang akan dilakukan petugas pengawas pemilu se- Palembang pada bulan ini. Namun jadwalnya masih kita matangkan,”katanya, kemarin.

Menurut Riduwansah, pembersihan tersebut akan dititik beratkan kepada atribut/alat peraga yang dipasang Caleg di pohon dan tiang-tiang, yang dalam aturannya dilarang. “Kita akan menurunkannya saja, dan meninggalkannya di bawah, tanpa perlu disita, ini demi keindahan kota Palembang. Masak pohon dipaku dan banyak gambar orang ketawa,” ujarnya.

Dimana dalam pembersihan tersebut, pihaknya akan menurunkan sekitar 2.000 petugas yang tersebar di 16 Kecamatan yang ada, dengan rincian 3 anggota Panwaslu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sebanyak 48 orang dan Panitia Petugas Lapangan (PPL) sebanyak 1.831 orang, serta di tambah staff dari setiap tingkatan.

Lebih lanjut Riduwansah menerangkan, jika inisiatif ini dilakukan untuk meringankan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Palembang, yang dinilai tidak bisa melakukannya sendiri. “Pol PP tidak ada anggaran, karena untuk penertiban ini tidak di back up dana yang memadai, dan sumber daya manusianya terbatas untuk 16 kecamatan yang ada,”tandasnya.

Sebelumnya, Panwaslu Palembang telah menginventaris semua bentuk pelanggaran atribut/ alat peraga yang tidak sesuai aturan baik yang melanggar zona, ukuran (bentuk), maupun pemasangannya yang ditempat umum. Dimana terdapat ribuan alat peraga yang tersebar di 16 kecamatan di kota Palembang.

Terkait hal itu, pihaknya telah menyerahkan rekomendasi tersebut ke pihak KPU Palembang untuk segera ditindak lanjuti, yang dimana rekomendasi ini merupakan yang kedua kali dan akan dilakukan terus dengan jarak waktu 10 hari kedepan.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster