Meski Mahal, Buah Impor Tetap Diminati

 273 total views,  2 views today

Penjual Buah

Penjual Buah


PALEMBANG | KS
-Harga buah impor yang melonjak sejak diterapkan pembatasannya oleh pemerintah tak menyurutkan minat konsumen untuk membelinya. Indikasinya, sejumlah toko buah dan supermarket buah di Kota Palembang yang menyajikan buah impor masih tetap ramai dikunjungi.

“Memang ada kenaikan harga, bahkan ada yang naik hingga 80 persen. Yang paling drastis kenaikannya seperti apel merah, apel fuji, longan super jumbo, dan anggur hitam. Rata-rata harganya naik hampir dua kali lipat. Tapi peminat masih tetap tinggi,” kata Yana, seorang staf penjualan di sebuah supermareket buah, di Palembang, Selasa (14/4).

Dipaparkannya, harga apel merah yang normalnya hanya Rp 22.000-Rp 25.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 44.000 per kilogram. Apel fuji yang biasanya paling tinggi Rp 25.000 per kilogram naik menjadi Rp 42.000 per kilogram, longan super jumbo yang normalnya seharga Rp 23.000 per kilogram naik menjadi Rp 45.000 per kilogram, sementara anggur hitam normalnya hanya Rp 45.000 naik menjadi Rp 70.000 per kilogram.

Dikatakannya, kenaikan harga buah impor yang hampir dua kali lipat ini tidak begitu berpengaruh kepada pelanggan, sebab permintaan buah impor masih tetap tinggi. “Pembeli tetap banyak ya berdatangan, ada yang beli memang untuk dikonsumsi dan ada yang membeli untuk dijual kembali.

Dijelaskannya alasan para pelanggan masih menggemari buah impor karena bentuknya yang bagus.

Hal serupa diutarakan, Herna, penjual buah di Pasar Cinde Palembang ini mengatakan, buah impor masih tetap digemari. “Buahan impor ini tetap laris di sini walaupun harganya naik. Karena sebelumnya pelanggan buah impor kebanyakan memang dari kalangan orang berada, jadi walaupun mahal tetap dibeli,” ungkapnya.

Diakui Herna, untuk mendapatkan jatah buah impor dari distributor tetap dibatasi, tidak seperti dulu yang berapa banyak dipesanpun tetap ada. “Jatah dari distributor dibatasi ke pedagang. Kalau saya hanya mendapat jatah sepuluh kilogram untuk tiap jenis buah impor,” ujarnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster