Kendaraan Dinas Uzur Dilelang

 181 total views,  4 views today

Mobil Dinas

Ilustrasi Mobil Dinas

PALEMBANG, KS-Kendaraan dinas, yang dianggap sudah memasuki usia tua pada 2014 ini, dipastikan masuk dalam pelelangan kendaraan. Menurut Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sumsel, Robby Kurniawan, kegiatan pelelangan ini dilakukan, sebagai peremajaan pada kendaraan dinas sehingga tak mengganggu operasional jalannya roda pemerintahan di Setda Pemprov Sumsel.

Untuk jumlahnya, ia masih menunggu evaluasi lengkap dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.  “Rata-rata yang benar-benar tua, akan kita lelangkan. Seperti bus serta beberapa mobil lainnya. Alasannya, karena memang pemeliharaannya butuh biaya yang sangat besar, jadi lebih baik kita lelang saja,” kata Roby, kemarin.

Sejauh ini, kata Robby, sebagian besar kendaraan tersebut merupakan aset 2004 silam. Jika dilihat dari umurnya yang sudah mencapai 10 tahun, adalah hal yang sangat wajar jika dilakukan pelelangan.  “Untuk kisaran tahun seperti itu memang sudah cukup layak diganti,” ucapnya.

Dia menjelaskan berdasarkan peraturan yang ada, standar kendaraan untuk eselon 2 adalah sekitar 2000 cc atau 2500 cc. Jadi untuk eselon 1 dan Gubernur serta Wakil Gubernur haruslah diatas standar eselon 2. “Untuk yang eselon 3 kebawah tentu dibawah standar tersebut,” ujarnya.

Sementara, Kabid Penatausahaan dan Pemeliharaan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel, Burkian mengatakan, kendaraan dinas sendiri bisa diganti jika memiliki usia lebih dari 10 tahun.   Caranya yakni dengan dilakukan lelang terbatas. “Belum tentu setiap tahun bisa dilaksanakan,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster