Warga Perbaiki Sendiri Pipa Air Bersih

 300 total views,  2 views today

 

MUARAENIM, KS-Pipa saluran air bersih milik warga Bedeng Kresek, RT 4 RW 5, Kelurahan Pasar Tanjungenim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten yang rusak akibat sering terlindas kendaraan berat yang melintas di kampung tersebut, mulai diperbaiki warga, Sabtu (11/1).

Warga yang masuk dalam ring satu PT Bukit Asam (BA) itu pun memulai bergotong royong untuk mengganti pipa besi lama, dengan pipa besi yang baru. Kegiatan itupun sekaligus dimanfaatkan oleh warga, untuk memperbaiki drainase atau siring disekitar saluran air agar tidak longsor jika terus digerus air hujan yang mengalir dari jalan sisi atas, karena posisi jalan tersebut miring.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Sigit melalui Sekretaris Iwan mengatakan, inisiatif untuk membentuk kepanitian pelaksanaan kegiatan gotong royong ini diusulkan oleh warga, yang mempunyai kepentingan untuk menggunakan saluran air besih tersebut.

Kegiatan ini jelasnya, telah mendapat dukungan dari pemerintah setempat yakni RT, dan Lurah Pasar Tanjungenim. Tambah Iwan, kegiatan ini juga dibiayai oleh PT Pama Persada Tanjungenim sebesar Rp 2,5 juta rupiah.

“Alhamdulilah kita sudah dibantu oleh PT Pama Rp 2,5 juta rupiah, yang sebelumnya kita mengajukan melalui proposal Rp 3,5 juta rupiah. Saluran air bersih ini rusak semenjak sering dilalui oleh kendaraan berat dan pernah juga alat berat yang melintas ke tambang,” kata Iwan.

Masyarakat berharap kepada PT BA dan Perusahaan Subkonnya yang melintas di daerahnya itu bisa segera melakukan perbaikan jalan Bukit Munggu yang rusak di beberapa titik jalan tersebut. Sehingga jalan tersebut tidak bertambah rusak, apalagi saat musim hujan tiba jalan menjadi berlobang karena aspalnya terkelupas.

“Kami tidak mau memblokir jalan atau menanam pohon di jalan rusak, karena akan merugikan pengguna jalan. Namun kami hanya mengaharapakan ada perbaikan jalan,” imbuhnya.

Senada dituturkan, Nayib (45), salah seorang warga sangat senang adanya perbaikan saluran air bersih. Menurutnya, sebelum diperbaiki dirinya dan warga lain sangat terganggu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, terutama air bersih. “Ya kami semua senang lah sudah diperbaiki saluran air milik warga ini. Semoga kedepan kampung ini bisa bertambah maju lagi,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster