Setiap Pasar Miliki Mobil Sampah

 437 total views,  2 views today

Ilustrasi Mobil Sampah

Ilustrasi Mobil Sampah

PALEMBANG, KS-Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui PD Pasar Palembang Jaya, tengah menggagas persiapan kebersihan di pasar-pasar tradisional Palembang, dengan cara menyediakan satu unit armada mobil sebagai alat angkut di setiap pasar.

Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi Ces Busri mengatakan, dari 21 pasar yang di kelola oleh Pemkot Palembang akan di siapkan 1 mobil pengangkut sampah. Hal ini bertujuan agar kebersihan di setiap pasar selalu terjaga.

Menurutnya pengadaan khusus mobil sampah tersebut berupa damp truk. “Jadi, ketika pedagang selesai berjualan dan sampah mereka di letakkan di tempat pembuangan sementara. Mobil tersebut langsung mengangkut sampah tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sementara Surat Usulan mobil khusus pengangkut sampah ini sudah di usulkan ke Walikota, dan nanti Walikota akan mengirim surat ke perusahaan yang ada di Palembang untuk memfasilitasi pengadaan melalui dana Cooperate Sosial Responbility (CSR),”katanya belum lama ini.

Apriadi mengatakan, saat ini sampah masih menjadi permasalahan di setiap pasar di Palembang, karena sampah basah maupun kering kering dari pasar, baru bisa diangkut pada sore hari, sehingga terlihat banyak sekali tumpukan sampah berada di pasar. “Dari Dinas Kebersihan Kota (DKK) sendiri untuk sampah pasar, di angkut terakhir, karena angkutan sampah dari DKK sendiri cukup banyak,”katanya.

Menurut Apriadi, sampah dari pasar ini cukup memberikan kontribusi yang besar yang harus ditanggulangi petugas DKK. “Memang sangat banyak, jadi untuk pengadaan mobil sampah bagi Pasar ini sudah sangat diperlukan. Namun, kami akan secara bertahap untuk melakukan pengadaan kendaraan tersebut dengan cara menggandeng pihak ketiga,”sebutnya.

Dengan demikian, Apriadi menambahakan, masalah sampah yang ada di Pasar-pasar akan menjadi tanggung jawab PD Pasar, bukan lagi tanggung jawab DKK. “Kalau kita sudah miliki kendaraan sendiri, mudah-mudahan masalah sampah Pasar akan teratasi,”tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster