Ratusan Rumah Terendam Banjir

 219 total views,  2 views today

Ratusan rumah warga Desa Rawang Besar dan Terusan Laut Kecamatan SP Padang OKI terendam banjir

Ratusan rumah warga Desa Rawang Besar dan Terusan Laut Kecamatan SP Padang OKI terendam banjir

  • Akses Jalan Lumpuh Total

KAYUAGUNG I KS-Ratusan rumah warga Desa Rawang Besar dan Terusan Laut Kecamatan SP Padang OKI terendam banjir. Banjir melanda dua desa tersebut memang sudah sebulan ini, namun saat itu belum sebanyak sekarang ini sudah mencapai ratusan unit rumah, Sabtu (11/1).

Menurut Kades Rawang Besar, Rustam menyebutkan, banjir di desanya tidak saja merendam sebanyak 55 unit rumah tapi juga jalan aspal sepanjang 5 km dari dusun 1 hingga dusun 3 juga ikut terendam sehingga transportasi darat dalam desa lumpuh total dan warga terpaksa menggunakan perahu.

Memang banjir tersebut sudah berlangsung sejak sebulan ini, namun baru dua tiga hari ini air meninggi sehingga rumah terendam semakin bertambah, rumah terendam rata-rata rumah panggung bertingkat dan ada sebagian juga rumah gedung permanen.

“Akibat bencana banjir ini, terpaksa warga mengungsi ke rumah kerabat. Dan, tetangga hingga kemarin belum ada bantuan yang diterima warga, namun bencana tersebut sudah saya laporkan ke kantor Kecamatan SP Padang,” katanya.

Sedangkan banjir di desa Terusan Laut Kecamatan SP Padang kata A Rasyid mencapai 50 rumah lebih dan fasilitas umum seperti mesjid dan jalan desa juga ikut terendam.

“Kami sudah melaporkan bencana tersebut dan warga berharap untuk mengantisipasi banjir kedepan agar Pemerintah Daerah OKI menganggarkan pembangunan pengerukan sejumlah sungai yang ada di sekitar desa, karena kalau tidak langganan dipastikan setiap tahun datang banjir,” katanya.

“Apalagi sejak beberapa tahun ini wilayah Kecamatan SP Padang dan Pampangan serta Kayuagung banyak pembangunan perkebunan kelapa sawit sehingga sejak 5 tahun ini dua desa tersebut langganan banjir,” ujar Rasyid.

Sementara Camat SP Padang OKI, Nursula SSos membenarkan rumah warga dua desa tersebut terendam banjir. Kini, pihaknya sudah meninjau lokasi dan melaporkannya ke Pemkab OKI.

 

TEKS:DONY AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster