Panwaslu Diminta Awasi Caleg Incumbent

 150 total views,  2 views today

 

*Rentan Gunakan Fasilitas Negara

BANYUASIN, KS-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuasin diminta untuk mengawasi para calon legislatif (caleg) incumbet, berkampannye.  Pasalnya selama berkampanye, caleg incumbent rentan mengunakan fasilitas negara, seperti mobil dinas dan memanfaatkan anggaran pemerintah.

“Saya minta Panwaslu Kabupaten Banyuasin, harus mengawasi kegiatan caleg incumbent selama berlangsungnya kampanye nanti. Apabila melanggar, harus diberikan peringatan. Begitu juga dengan caleg lainnya,” kata caleg DPRD Banyuasin dari PDI Perjuangan ini ketika dibincangi, Minggu (12/1).

Dikatakannya, sejauh ini dari pengamatan dirinya, memasuki beberapa tahapan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), aktivitas dewan mulai berkurang berada di kantor dewan, dan sudah barang tentu turun ke basis-basis masing-masing untuk mencari simpati masyarakat.  “Calon incumbentkan masih aktif menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD, saya harapkan harus dipisahkan antara kegiatan dewan dan kerja politik mereka,”jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan kepada penyelangara pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk terlibat dalam politik praktis.  “Saya harapkan itu salah satu upaya untuk menimalisir pelanggaran, yang dilakukan seluruh penyelengara pemerintah, termasuk caleg,” harapnya.

Sementara itu Komisioner Panwaslu Banyuasin Divisi Pengawasan dan Humas, Iswadi mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 tahun 2013, caleg dilarang menggunakan fasilitas negara.

Jika itu digunakan artinya sebut dia, itu adalah pelanggaran.  “Kami tidak pandang bulu dalam mengawasi kampanye Pileg 2014 akan datang. Jika ada pelanggaran, akan ditindak lanjuti,” ujarnya.

“Kami hanya sebatas memberikan rekomendasi terkait pelanggaran Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) lah yang berwenang untuk memberikan sanksi,” kata Iswandi yang dibincangi di ruang kerjanya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Sumsel, HA Djauhari menyebut, caleg-caleg incumbent, diuntungkan dengan dana reses yang mereka terima. Untuk anggota DPRD Sumsel sendiri, setiap tahun sebut Djauhari mendapatkan dana reses Rp 5 miliar pertahun.

“Caleg incumbent, tentu memiliki keuntungan sendiri termasuk adanya dana reses tersebut. Namun dana reses itu bukan kita yang mengelolanya, kita hanya mengusulkan alokasi dana itu untuk apa saja,” ungkap Caleg DPR RI dari Partai Demokrat untuk daerah pemilihan (Dapil) Sumsel 1 ini.

“Dana reses Rp 5 miliar itu kan dialokasikan untuk kepentingan masyarakat oleh anggota DPRD, jadi wajar saja, kalau anggota DPRD yang kembali mencalonkan diri, diuntungkan dengan dana reses tersebut. Tetapi penggunaannya tetap saja bukan kita yang memegang uangnya,” sambungnya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2014 mendatang, dana reses besarannya masih sama dengan tahun sebelumnya yakni Rp 5 miliar. Dan tersebut, di cairkan dalam dua tahun tahap. Sementara untuk reses sendiri jelas Djauhari, dilakukan tiga kali dalam satu tahun anggaran.

Sementara itu pengamat sosial dan politik, Prof Abdullah Idi ketika dibincangi beberapa waktu lalu juga menyebut, caleg incumbent mempunyai peluang lebih besar untuk terpilih kembali. Namun dengan catatan, selama menjabat sebagai anggota dewan, kinerja mereka bisa memuaskan konstituennya.

Jika selama menjadi wakil rakyat, mereka bisa menjalankan aspirasi konstituennya, Direktur Program Pasca Sarjana (PPS) IAIN Raden Fatah, Palembang ini yakin, potensi wajah-wajah lama tersebut sangat besar untuk terpilih kembali.

Persoalannya sebut Abdullah Idi, selama ini kinerja anggota dewan di Sumsel, tidak memuaskan masyarakat. Sehingga citra tersebut, bisa memperburuk citra caleg yang saat ini masih duduk di kursi dewan.

Apakah ini artinya, masyarakat tidak bisa berharap banyak bakal ada perubahan di Sumsel kedepannya? Abdullah Idi menyebut, tidak juga. “Caleg-caleg yang masih duduk di DPRD saat ini, ada juga yang baik,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster