KPUD OKI Gunakan Kotak Suara Lama

 358 total views,  2 views today

 

  • Kiriman KPU Pusat Rawan Rusak

KAYUAGUNG KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  tidak menggunakan logistik bilik dan kotak suara terbuat dari kardus yang didistribusian oleh KPU pusat saat pemungutan suara pemilihan anggota legislatif (pileg) 9 April mendatang, karena bilik dan kotak suara yang terbuat dari kardus itu dinilai rawan rusak  bila terkena air.

KPUD OKI memilih memakai logistik bilik dan kotak suara  eks pilkada 6 juni 2013 yang lalu, yang terbuat dari plat, sehingga lebih aman dan tidak mudah rusak.” Apalagi wilayah Kabupaten OKI 75% didominasi kawasan perairan, kalau memakai logistik yang terbuat dari kardus tentu sangat rawan sekali rusak, oleh sebab itu kita tetap memakai logistik lama yang terbuat dari plat,” kata ketua KPU OKI, Dedi Irawan.

Menurut Dedi, bilik dan kotak suara bekas yang dipakai pada pilkada 6 juni 2013 yang lalu jumlahnya masih  cukup. “Saat ini  KPUD OKI memiliki kotak dan bilik yang terbuat dari plat peninggalan pilkada sebanyak  12 ribu, sementara kebutuhan untuk pileg 9 april nanti  7450 kotak. Tinggal kita periksa lagi kondisi bilik dan kotak suara itu masih  bagus atau tidak,  hari Senin (hari ini)  akan di cek lagi,” kata Dedi.

Ditambahkan Dedi, saat ini ada  3 ketua panitia pelaksana kecamatan (PPK) dari 18 PPK di OKI diganti, pergantian itu karena kepala PPK yang lama ada yang terpilih menjadi kepala desa (kades), menjadi komisioner KPU OKI dan adapula yang meninggal dunia.

Masing-masing adalah ketua PPK Jejawi Amrullah sudah dilantik menjadi anggota KPU OKI, jabatan yang ditinggalkanya masih kosong dan masih akan di rapatkan lagi oleh KPU OKI.

Kemudian ketua PPK  SP  Padang, Bambang saat ini terpilih dan sudah dilantik menjadi Kades Pantai, SP Padang,  jabatan yang ditinggalkanya masih kosong, Kemudian ketua PPK Kecamatan Tulung Selapan meninggal irawansyah SH, meninggal dunia dan jabatan yang ditinggalkanya sudah diisi oleh. Bawahanya  Efran Yosef.

Ketua KPUD OKI Dedi Irawan, mengatakan bahwa PPK,PPS tetap memakai yang bertugas dalam pilkada 6 juni lalu.” Kita tidak lagi membentuk PPK, PPS baru, tetapi memang ada 3 ketua PPK yang kita ganti,” kata Dedi.

Menurut Dedi, Ketua PPK Jejawi dan SP padang sekarang masih kosong dan akan diangkat pejabat baru dari anggota PPK tersebut.” Nanti akan kita bawa ke rapat peleno, untuk menggantikan ketua PPK Jejawi dan SP padang, biasanya kita ambil dari anggota PPK itu sendiri, sementara untuk ketua PPK selapan yang meninggal dunia sudah kita ganti yakni Efran Yosef.

Ditambahkan Devisi logistik dan keuangan Idham Kholik, bahwa saat ini logistik dari pusat sudah  mulai berdatangan, seperti  sampul amplop, gembok dan kunci  kotak suara, dan perlengkapan KPPS.” Kita masih menunggu logistik seperti formulir dan surat suara,”jelasnya seraya mengatakan Saat pileg nanti di OKI ada 1.835  TPS, satu TPS ada  4 kotak suara.

 

TEKS : DONY AFRIANSYAH.

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster