4 Kolam Retensi Akan Dibangun

 236 total views,  2 views today

Salah Satu kolam Retensi yang ada di Kota Palembang

Salah Satu kolam Retensi yang ada di Kota Palembang

PALEMBANG, KS-Untuk meminimalisir genangan air di kota metropolis, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Palembang, akan membangun empat kolam retensi di tahun 2014 ini.

Kepala bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas PUBM dan PSDA Palembang, A Bastari Yusak mengatakan, pembangunan empat kolam retensi tersebut memiliki ukuran kolam yang berbeda-beda, hal tersebut tergantung dari luas lahan.

“Adapun titik pembangunan empat kolam retensi tersebut adalah di Simpang Bandara dengan ukuran lima hektar, Sungai Buah tiga hektar, Sungai Bendung tiga hektar dan Polygon tiga hektar,” katanya belum lama ini.

Bastari menyebut, untuk pembangunan kolam retensi tersebut pihaknya membutuhkan dana anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk satu kolam retensi. “Saat ini kami masih dalam tahap pembebasan lahan untuk ke empat kolam tersebut. Dana pembuatan kolam retensi di bantu Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumsel, Kementerian PU, dan APBD Palembang,”sebutnya.

Direncanakan sambung Bastari, pihaknya akan merealisasikan pembangunan empat kolam retensi tersebut, pada pertengahan tahun ini. “Pengerjaan kolam retensi ini dimulai pada Juni mendatang. Sementara kolam retensi yang paling besar di Kota Palembang ada di kawasan Sport City Jakabaring (JSC), yang sering di gunakan untuk pertandingan Ski Air yang luasnya mencapai 30 hektar dan mirip seperti danau.  Kolam retensi itu yang sangat membantu kita mengurangi genangan air di Jakabaring,”ujarnya.

Bastari mengaku, saat ini Palembang baru memiliki 23 kolam retensi, dan menurutnya jumlah tersebut masih kurang, karena idealnya untuk Palembang ini perlu 48 kolam retensi lagi untuk mengendalikan dan mengantisipasi banjir.

“Pembangunan kolam retensi ini sesuai dengan lokasi yang ada dan kita tidak bisa menentukan berapa besar kolam retensi itu. Pada tahun ini juga akan di lakukan normalisasi kolam retensi pembersihan endapan seperti kolam retensi di RSI Khodijah,” ucapnya.

Bastari menambahkan, setiap pemukiman di Palembang ada kolam retensi. Jadi, pihak developer kalau bisa menyediakan lahan kosong untuk di lakukan pembangunan kolam retensi untuk mengurangi banjir.

“Tak hanya di pemukiman perumahan warga, di kampung-kampung kalau ada tanahnya ingin dilakukan pembebasan atau di hibahkan kepada Pemkot untuk di buat kolam retensi kami siap melakukannya,”tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

4 Kolam Retensi Akan Dibangun





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster