Kepsek SDN 75 Diganti

 937 total views,  2 views today

 

*Buntut Demo Guru SDN 75

PALEMBANG, KS-Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, mengganti Kepala Sekolah (Kepsek) SD N 75 Palembang, Nilawati. Penggantian Nilawati itu diambil dalam rapat yang digelar Disdikpora dengan tim klarifikasi yang dibentuk.

“Penggantian Kepsek SDN 75 ini, menindaklanjuti temuan tim di lapangan selama proses klarifikasi. Ini juga, sesuai dengan tuntutan yang disampaikan oleh guru di sekolah itu saat melakukan aksi di Disdikpora, beberapa waktu lalu,” kata Kepala Sub Kepegawaian Disdikpora Palembang, Nasikhun yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (10/1).

Ia menerangkan, Nilawati sendiri akan di mutasikan sebagai staf pengajar biasa di salah satu SD di kawasan Seberang Ulu (SU). Namun apa nama sekolahnya, ia tidak mau menyebut. Surat Keputusan (SK) mutasi nya menurut Nasikhun sudah ditandatangani oleh Kepala Disdikpora Kota Palembang.

Kepala Disdikpora Kota Palembang, Ahmad Zulianto saat di konfirmasi membenarkan di copotnya Nilawati dari jabatannya sebagai Kepsek SDN 75 Palembang. “SK mutasi nya, sudah ditandatangani. Selanjutnya akan diteruskan ke UPTD setempat, untuk mengetahui,” jelasnya.

Sebagai penggantinya menurut Zulianto, Disdikpora menunjuk H Arif sebagai Kepsek sementara. Dalam waktu dekat tegas Zulianto, Disdikpora akan menunjuk siapa Kepsek SDN 75 definitif.

“Mutas yang kita lakukan ini, adalah bentuk ketegasan kita. Siapa yang tidak bagus memimpin suatu instansi, maka akan dicari yang lebih bagus. Untuk apa mempertahankan yang jelek,” ujarnya.

Semenntara itu, salah satu guru di SDN 75 Palembang yang tidak mau disebutkan namanya menyambut gembira kabar tersebut. Menurutnya penggantian Kepsek SDN 75 tersebut, sesuai dengan tuntutan yang disampaikan guru di SDN 75 saat melakukan aksi di Disdikpora Palembang beberapa waktu lalu.  “Kami sangat bersyukur, dengan keputusan Disdikpora,” tukasnya.

Sebagai informasi, pada 20 Desember 2013 lalu, sejumlah guru SDN 75 Palembang mendatangi Disdikpora Palembang. Mereka meminta Kepala Disdikpora, untuk mengganti Kepsek SD tersebut, Nilawati.

Tuntutan itu disampaikan karena menurut mereka, kepsek tidak dapat diajak bekerjasama, tidak bertanggungjawab atas fasilitas sekolah dan tidak transparan soal dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Pengelolaan dana BOS di SDN 75, tidak transparan. Dana bos yang diterima sekolah sejumlah ratusan juta, setiap tahunnya tidak jelas peruntukannya. Jangan kan untuk fasilitas siswa, untuk fasilitas sesama pengajar saja tidak ada. Misalnya kipas angin, lampu dan sapu. Masa, itu kita yang harus membelinya dengan dana pribadi,” kata Azizah, salah satu guru di SDN 75 Palembang, saat mendatangi Disdikpora Kota Palembang, Desember 2013 lalu.

 

TEKS              : BUBUN KURNIADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster