Kartadewa Jadi Desa Model

 226 total views,  2 views today

Ketua TP PKK Kab PALI, Ir Hj Sri Kustina saat bersama warga.

Ketua TP PKK Kab PALI, Ir Hj Sri Kustina saat bersama warga.

PALI | KS-Tekad Ketua PKK, Kabupaten PALI, Ir Hj Sri Kustina untuk menjadikan PKK sebagai agen pembangunan sekaligus mengambil peran nyata di masyarakat, nampaknya bukan sekedar omong kosong belaka.

Dihadapan pengurus TP PKK kecamatan se-kabupaten PALI di Gedung Serbaguna, Sri Kustina menyatakan akan membuat desa model atau desa percontohan.

Untuk merealisasikannya, ia sudah menunjuk Desa Karta Dewa Kecamatan Talang Ubi untuk menjadi desa model. “Kita sudah putuskan untuk menjadikan desa Kartadewa sebagai desa model kita” kata istri Bupati PALI Heri Amalindo itu.

Sri beralasan, Desa Karta Dewa memiliki karakteristik yang tepat untuk dijadikan desa model. “Penataan rumah dan struktur masyarakatnya sangat memadai untuk dijadikan desa percontohan,” Sri memberi alasan.

Menurut alumni Universitas Sriwijaya ini, dengan ditunjuknya Karta Dewa menjadi desa model, bukan berarti desa-desa lain tidak bisa dijadikan desa model. Justru desa-desa lain akan dikembangkan dengan mencontoh Desa Karta Dewa.

“Nantinya, bila ada desa lainnya kita lihat memenuhi syarat, akan kita jadikan desa model juga. Karena itu, pengurus PKK kecamatan kami minta untuk proaktif mencari desa-desa lain untuk kita jadikan desa model,” ungkapnya.

Keputusan membuat desa model ini, Sri menjelaskan agar bila dibutuhkan penilaian untuk lomba maka kabupaten PALI sudah memiliki peserta untuk diikutkan dalam lomba.

“Akan banyak lomba-lomba yang menyertakan desa, nanti kalau kita diminta propinsi untuk mengikutinya kita sudah punya kandidat,” jelasnya.

Lomba-lomba yang dimaksud itu menurut Sri Kustina, adalah Lomba Posyandu, Desa, KB, 10 Program Pokok PKK, P2K dan berbagai macam lomba lainnya.

Sri Kustina menjelaskan, meskipun sudah memiliki desa model, bukan berarti lomba hanya dikhususkan untuk diikuti oleh desa model itu saja. “Bila nanti ada desa yang dianggap baik dan layak untuk dilombakan, bisa saja desa itu yang kita kirim. Sebab bagi kita adalah bagaimana mengharumkan nama baik Kabupaten PALI,” jelasnya.

Desa model ini nantinya akan diberikan pembinaan secara terpadu disetiap bidangnya. Beberapa program akan diterapkan didesa ini. Untuk nantinya dicontoh oleh setiap kecamatan untuk diterapkan di kecamatan masing-masing.

“Dengan adanya program ini akan menginspirasi desa-desa lainnya. Mudah-mudah yang maha kuasa memudahkan langkah kita,” pungkas Sri Kustina.

 

Teks/Foto Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster