Jerambah Besi Usulkan Pemekaran

 245 total views,  2 views today

Suasana Pasar Karet di Dusun Jerambah Besi. Dusun ini mengusulkan akan memekarkan diri menjadi desa devinitif.

Suasana Pasar Karet di Dusun Jerambah Besi. Dusun ini mengusulkan akan memekarkan diri menjadi desa devinitif.

PALI | KS-Lantaran jarak antara Dusun Jerambah Besi dengan Desa Karta Dewa (Induk –red), terlampau jauh, warga Dusun Jerambah Besi, mengusulkan untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Pemekaran tersebut bertujuan untuk memudahkan warga dalam pengurusan administrasi. Selain itu, pembangunan desa juga bisa tertata dengan rapi.

Dengan memiliki penduduk sekitar 1152 jiwa, warga menilai jumlah tersebut sudah memenuhi syarat untuk pembetukan sebuah desa. Proposal pemekaran pun sudah diajukan ke penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Proposalnya sudah kita sampaikan, tinggal proses di kabupaten,” kata Maman Wahari, anggota panitia pemekaran.

Menurut Maman, Dusun Jerambah Besi sendiri sudah sangat layak untuk dijadikan sebagai sebuah desa. Menurutnya, dengan jumlah penduduk 1152 jiwa dari 232 kepala keluarga, dusun ini memenuhi syarat untuk menjadi sebuah desa. Secara luas wilayah juga dipandang  sangat layak. Dalam proposal yang diajukan, disebutkan dusun ini akan memiliki 3.217 hektar.

“Bukan karena apa, jarak kami dengan desa induk (Karta Dewa- red) sangat jauh, harus berkeliling melewati Desa Sinar Dewa. Apalagi jalannya masih tanah, kalau hujan berlumpur. Jadi kalau mau berurusan sangat susah koordinasinya,” jelas Maman.

Apalagi, lanjutnya, fasilitas yang dimiliki dusun ini sudah sangat memadai untuk dijadikan desa. Saat ini didusun ini sudah memiliki gedung SDN dan lahan yang sudah siap untuk dibangun kantor kades. “Bahkan balai desa saja kami sudah punya,” kata Maman.

Menurut dia, dengan dimekarkan menjadi sebuah desa, akan memudahkan warganya yang akan berurusan seperti membuat KTP, KK dan lainnya. “Kita harapkan juga, kalau sudah jadi desa pembangunan akan lebih meningkat. Setidaknya jalan menuju dusun kami akan lebih diperhatikan” ungkapnya.

Kepala desa Karta Dewa sendiri, menurut Maman memberikan respon positif dan mendukung penuh pemekaran Jerambah Besi. “Alhamdulillah Pak Irwan (kades Karta Dewa-red) memberikan dukungan. Kami warga Jerambah Besi sangat bersyukur atas kepedulian beliau,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Talang Ubi, Asrohi S.Sos MH mengakui, pihaknya sudah menerima usulan pemekaran Dusun Jerambah Besi menjadi sebuah desa.

“Memang ada, sekarang sedang melengkapi administrasinya. Nanti usulan ini akan digodog oleh pemkab PALI. Karena yang memutuskan pemekaran ini pemkab, bukan kecamatan,” ungkap mantan Kaur Humas dan Protokol Pemkab PALI dimasa awal PALI berdiri.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster