Doni Terancam Vonis Mati

 139 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasim

Pemilik 10 Ribu Butir Ekstasi

PALEMBANG, KS –Doni Maliki (58), terdakwa pemilik 10 ribu ekstasi, hanya bisa menundukkan kepala saat menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negri (PN) Palembang, Jum’at (10/1).

Sepanjang sidang, pria lansia ini terus menundukkan kepala di saat jaksa, Santi SH, membacakan tuntutan terhadap dirinya. Oleh Santi, Doni dijerat pasal berlapis.

Adapun pasal yang dijerat Santi kepada warga Jalan Sultan Syahril, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Ilir Timur II Palembang itu, adalah pasal 112 ayat (2) dan pasal 114 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Ancaman hukuman maksimalnya bisa saja hukuman mati,” kata Santi, yang dijumpai usai sidang.

Usai mendengarkan dakwaan, majelis hakim yang diketuai Kristwan Damanik SH MH melanjutkan sidang dengan mendengarkan keterangan saksi. Adapun saksi yang dipanggil adalah tiga personil Dit Narkoba Polda Sumsel yang ikut menangkap Doni.

“Kita dapati 10 ribu ekstasi itu dibungkus kardus air mineral. Saat diperiksa, didapat lebih dari 30 bungkus ekstasi, yang masing-masing berisikan 500 butir,” kata ketiganya.

Dilanjutkan ketiganya, sebelum menangkap Doni, ketiga anggota ini sudah terlebih dahulu memintai keterangan isteri Doni. Namun, sang isteri tidak ditahan karena dianggap tidak mengetahui keberadaan ekstasi itu.

Usai mendengarkan keterangan saksi, Kristwan menunda sidang. Ia meminta Santi untuk memanggil ketua RT tempat Doni bermukim untuk dijadikan saksi. Rencananya, sidang keterangan saksi kembali digelar, Kamis (15/1).

Terungkap di persidangan, Doni diketahui memiliki 10 ribu butir ekstasi di rumahnya sekitar dua bulan silam. Menurut pengakuan Doni, ekstasi itu titipan dari temannya yang datang dari Aceh berinisial HS, yang kini menjadi daftar pencarian orang (DPO) polisi.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster