Derby Sumatera Berakhir Imbang

 179 total views,  2 views today

sfc

Palembang, KS –Sriwijaya FC (SFC), harus berbagi angka dengan tuan rumah Semen Padang saat bentrok di leg pertama laga bertajuk Derby Sumatera, babak penyisihan Inter Island Cup (IIC) zona Sumatera yang tersaji di stadion H. Agus Salim, Padang, Jumat (10/1) kemarin.

Gol SFC, gol diciptakan melalui sang bomber terbaru asal Bosnia, Igor Radovanovic pada menit ke-43. Sedangkan gol tuan rumah tercipta dari kaki Riky Ohorella pada menit ke-45.

Di babak pertama, dihadapan ribuan pendukung fanatiknya, Semen Padang tampil agresif dan langsung mengambil inisiatif penyerangan sejak peluit kick off babak pertama dibunyikan. SFF yang dari awal menargetkan satu poin terkesan hanya menunggu permainan Kabau Sirau lengah, sembari sekali-sekali melancarkan serangan balik.

Pertandingan yang mengandung sarat makna dan pembuktian terbaik di Sumatera tersaji keras. Hal tersebut banyaknya benturan pemain dan menjurus kasar yang mengakibatkan wasit mengeluarkan kartu kuning. Bahkan salah satu pemain Semen Padang, Nur Iskandar harus keluar lapangan lebih cepat pada menit ke-16 karena mengalami cidera.

Di menit ke-2 Igor sempat mengancam jala gawang Semen Padang yang kawal Jandia Eka. Namun hal itu bisa diantisipasi penjaga gawang. Selebihnya pertandingan otomatis lebih banyak diambil alih Semen Padang dengan menekan pertahanan Laskar Wong Kito.

Tercatat sejumlah peluang didapat oleh anak asuh Jafri Satra ini. Pada menit ke-6 Nur Iskandar mencoba tendangan spekulasi ke arah gawang Fauzi Toldo, namun masih membentur pemain belakang SFC yang menghasilakn sepakan pojok saja. Kemudian pada menit ke-10, Kabau Sirah mendapat kesempatan melalui tendangan bebas, namun sayang tendangan Ricky masih hanya melambung di atas gawang.

Asik menyerang, justru Semen Padang kebobolan terlebih dahulu. Di menit ke-43, penyerang anyar SFC, Igor Radovanovic sukses menyarangkan bola kedalam gawang Jandia usai menerima umpan lambung pemain belakang Diogo Santos Rangel.

Gol tersebut membawa SFC unggul sementara 0-1 atas tuan rumah Semen Padang. Tidak ingin dipermalukan dihadapan pendukungnya, Semen Padang terus melancarkan serangan demi serangan dan menggempur pertahanan SFC.

Hasilnya berbuah manis. Selang 2 menit dari gol Igor, Semen Padang mampu membalas dengan gol yang diciptakan Ricky Ohorella di menit ke-45, dan skor kembali menjadi imbang. Hasil ini pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua, pertandingan masih lebih banyak didominasi oleh kubu tuan rumah. Semen Padang terus memberikan tekanan kepada SFC yang terkesan bermain aman guna mengamankan poin.

Serangan yang terus-menerus dilakaukan Semen Padang pun akhirnya tak jua membuahakan hasil. Praktis babak kedua tidak ada gol tambahan yang tercipta. Hasil imbang 1-1 harus menyudahi pertandingan Derby kali ini.

Hasil imbang kali ini membuat kubu SFC lebih sedikit diuntungkan, dimana mengingat leg kedua pertemuan kedua tim akan dilakukan di Palemabng. Jelas ini, adalah modal berharga bagi anak asuh Subangkit nantinya.

Pelatih kepala SFC, Subangkit mengatakan, hasi tersebut merupakan hasil positif, mengingat empat hari berselang tim berjuluk Laskar Wong Kito akan menjamu  Semen Padang dalam pertandingan kedua untuk memperebutkan tiket lolos kebabak delapan besar.

“Ya, hasil imbang ini cukup maksimal dan modal berharga kita untuk menjamu Semen Padang nanti. Pemain sudah bermain cukup baik sehingga target kita tercapai. Secara keseluruhan tim bermain cukup baik, transisi permainan pun sudah bisa berjalan dengan baik. pemain juga terus konsentrasi dan mengikuti apa yang diarahkan dari pinggir lapangan,” jelasnya.

Sementara itu, Manajer SFC, Robert Heri juga menambahkan, pihaknya cukup puas dan memberikan apresiasi dengan penampilan para punggawa Laskar Wong Kito yang mampu mencuri poin dikandang lawan meski bermain dihadapan ribuan supporter tuan rumah.

“Jelas peluang kita maju ke babak selanjutnya sangat mungkin terjadi. Selain kita akan bertindak sebagai tuan rumah. Pemain yang absen pada pertandingan pertama, kemungkinan besar akan bisa bermain pada pertandingan kedua menghadapi Semen Padang nanti,” pungkasnya.

Susuna Pemain :

  • Semen Padang (4-4-2) : 22 Jandia Eka Putra; 2 Novan Setya Sasongko, 5 David Pagbe, 26 Seftia Hadi, 11 Hengky Ardiles; 12 Jajang Paliama, 6 Yoo Hyun Koo, 17 M Nur Iskandar, 18 Rizki Ohorella; 23 Esteban Vizcarra, 99 Airlangga Sucipto.
  • Sriwijaya FC (4-4-2) : 22 F. Toldo; 5 A. Maiga, 21 F. Ramadhan, 31 Diogo, 32 M. Abdurrahman; 6 A.Akbar, 7 Siswanto, 10 V. Mofu, 13 A. Sumardi; 9 I. Radovanovic, 93 A. Nabar.

Teks : Saddam Suryanda

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster