PD Pasar Siapkan Dana Rp 3 M

 143 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui PD Pasar Palembang Jaya siapkan dana Rp 3 miliar, untuk pemeliharaan pasar dalam satu tahun kedepan. Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi Ces Busri mengatakan, dana sebesar Rp 3 miliar tersebut, di siapkan untuk pemeliharaan 21 pasar yang ada di kota Palembang.

“Untuk penggunaan dana tersebut, disesuaikan dengan kerusakan-kerusakan yang terjadi di pasar-pasar yang menjadi tanggung jawab kami. Apabila dana tersebut berlebih, akan di masukkan sebagai tambahan biaya pemeliharaan tahun berikutnya,” ungkap Apriadi ketika dibincangi, kemarin.

Menurutnya, yang menjadi fokus pemeliharaan pasar adalah perbaikan drainase, perbaikan atap, dan perbaikan lainnya, yang menunjang baiknya suatu pasar.  Dana pemeliharaan itu sebut Apriadi, bukan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang.

Dana tersebut bebernya, bersumber dari dana retribusi pasar yang dikumpulkan dari pedagang. Dalam pelaksanaannya nanti, Pengawas PD Pasar berkewajiban mengawasi segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar, mulai dari memonitor keadaan pasar, termasuk bangunan yang ada di pasar. “Untuk mengawasi pasar, kami memiliki pengawas pasar yang bertugas mengawasi keadaan pasar, mulai dari bangunan hingga harga yang ada di pasar,” ucapnya.

Apriadi menyebutkan, untuk 2014 yang menjadi fokus pekerjaan, adalah memperbaiki segala kekurangan yang ada di 2013. Salah satu yang dilakukan adalah pemeliharaan 21 pasar yang ada di metropolis. “Nanti akan dilihat oleh pengawas pasar, bagaimana keadaan pasar tersebut,  apa yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Ditanya soal peningkatan dana pembangunan dan pemeliharaan pasar ? Apriadi menjawab, Pemkot melalui PD Pasar akan menaikkan retribusi pasar. Kenaikan ini, akan dilakukan dalam waktu dekat.

PD Pasar sambungnya, sudah melakukan koordinasi dengan Wali Kota Palembang, untuk kenaikan retribusi itu.  “Sekarang tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari wali kota, setelah SK tersebut keluar, maka retribusi pasar dari Rp 5 ribu naik menjadi Rp 7 ribu,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster