Libur Sekolah, Warnet Ramai Dikunjungi

 501 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS – Selain berkunjung ketempat wisata sejumlah siswa tingkat SD hingga SMA, menghabiskan masa liburannya dengan mengunjungi sejumlah warung internet (warnet), yang menyediakan layanan rental game online, browsing, chatting, facebook dan sebagainya.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, Minggu (5/1), terlihat sejumlah siswa tingkat SD sedang asyik bermain game online di salah satu warnet yang terdapat di kawasan Sekip Kota Palembang.

Dirgahayu, pemilik Warnet Milanet mengatakan, selama masa liburan sekolah penghasilannya mengalami kenaikan. Bila di hari sekolah biasa, ia bisa menghasilkan laba sebesar Rp. 180 ribu hingga Rp 200 ribu perharinya, namun di saat liburan seperti ini, penghasilan setiap harinya rata-rata mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

Menurut Dirgahayu,  selama masa liburan sekolah, anak-anak biasa main game online sekitar pukul 9 hingga pukul 12 tengah hari, mereka bermain selama satu hingga dua jam. Sedangkan dari siang hingga malam hari, kebanyakan pengguna dari kalangan remaja dan masyarakat umum. “Alhamdulilah saat seperti ini, bisa dapat Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu,” katanya.

Indra dan Irul, siswa kelas 5 SD, merupakan salah satu dari sekian banyak pelanggan setia pengguna jasa warnet, mengatakan, setiap harinya selama liburan sekolah, ia bersama rekannya menghabiskan uang sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000, untuk bermain game online favoritnya.

Dia mengatakan, tujuan dirinya bermain game online, selain memahami perkembangan teknologi informasi juga menambah pengalaman baru di dunia maya. “Ya aku milih bermain game online untuk mengisi liburan sekolahku ini,  aku biaso main game online Point Blank, ini merupakan salah satu game online kesukaanku, banyak tantangan dalam game ini yang menguji kejelian dan ketangkasanku dalam bermain, kalau Irul, ia lebih sering bermain GTA,” katanya.

Senada dengan itu, Alven, siswa kelas 3 SMP mengutarakan, semasa liburan ia kerap habiskan waktu untuk bermain facebook dan game online di warnet ini, uang yang ia habiskan untuk kebutuhan hiburannya tersebut sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per hari.

Menurut Alven, banyak sisi positif yang ia dapatkan dari bermain facebook, seperti mendapatkan teman baru, pengalaman baru dan banyak hal baru lainnya yang ia dapatkan dari dunia maya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster