Sebagian Gaji PNS Belum Dibayar

 216 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

*Diduga Anggaran Dipakai untuk Malam Tahun Baru

PALEMBANG, KS-Sebagian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, kini merasa resah. Pasalnya gaji mereka yang harusnya diterima tanggal 1 setiap bulannya, namun untuk Januari 2014, sampai dengan Jumat (3/1), gaji tersebut belum juga diterima oleh mereka.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, pembayaran gaji abdi negara di lingkungan pemkot itu baru akan dilakuan pada 8 Januari nanti.  Penundaan pembayaran gaji kepada sebagian pegawai di lingkungan pemkot tersebut, disebut-sebut karena anggarannya digunakan untuk membiayai hiburan rakyat pada malam pergantian tahun, Selasa (31/12) lalu.

Salah seorang PNS di lingkungan pemkot, yang minta namanya tak disebutkan mengaku biasanya hak nya itu dibayarkan setiap tanggal satu atau awal bulan. “Namun karena kemarin tanggal 1, bertepatan dengan hari libur sehingga gaji itu harusnya dibayarkan pada tanggal 2.  Tetapi tadi saat saya cek, gaji saya belum juga masuk ke rekening,” keluhnya.

Apa penyebabnya, ia mengaku tidak tahu persis kenapa terjadi keterlambatan pembayaran gaji tersebut. Harusnya kata dia, pemkot menginformasikan keterlambatan pembayaran gaji itu kepada semua pegawai. “Sehingga kami tidak menunggu-nungu, kalau seperti ini kan susah,” ucapnya.

PNS lainnya juga mengaku, belum menerima gaji. Menurutnya, ia mendapatkan informasi, gajinya baru akan di transfer ke rekening miliknya pada 8 Januari nanti. “Kabarnya kas daerah kosong, karena anggarannya dipakai untuk kegiatan tahun baru lalu,” ujarnya.

Namun tak semua pegawai di lingkungan pemkot, yang gajinya ditangguhkan. Salah seorang PNS di Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Palembang mengaku ia sudah menerima gaji yang menjadi haknya setiap bulan.

“Saya tidak tahu, kalau ada sebagian pegawai di lingkungan pemkot yang belum menerima gaji. Namun di Sat Pol PP, semua pegawainya sudah dibayarkan gajinya hari ini (Jumat), “ bebernya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi melarang para pejabat di lingkungan Pemkot Palembang, untuk menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), guna membiayai kegiatan yang sifatnya bersenang-senang pada saat malam pergantian tahun. “Saya pastikan pemkot, tidak akan gunakan dana APBD dalam perayaan tahun baru,” ujarnya.

Romi mengatakan, pada malam pergantian tahun dari 2013 menuju 2014 mendatang, diperingati seperti biasa. Menurutnya, jika memang ada sponsor untuk membiaya pesta kembang api, atau yang lainnya barulah kegiatan tersebut akan dilakukan. “Kalau untuk dana pemerintah tidak akan ada pesta, tapi kalau ada sponsornya kita akan adakan,” ujarnya.

Namun saat malam pergantian tahun, pemkot menggelar pesta rakyat yang di pusatkan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).  Pemkot pun menggelar hiburan, dengan mendatangkan artis dari ibukota dalam pesta malam tahun baru yang disebut sebagai pesta rakyat itu.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster