Pelanggaran Kampanye Kian Marak

 81 total views,  3 views today

Tampak atribut Caleg yang semrawut di pintu gerbang komplek OPI, Jakabaring, Palembang, Beberapa waktu lalu. Foto ; Iwan Cheristian

Tampak atribut Caleg yang semrawut di pintu gerbang komplek OPI, Jakabaring, Palembang, Beberapa waktu lalu. Foto ; Iwan Cheristian

PALEMBANG, KS-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang, akan kembali melakukan inventarisasi ulang terhadap maraknya atribut kampanye yang ditebarkan peserta pemilu. Hasil pendataan sementara yang dilakukan Panwaslu, setidaknya dalam satu hari ada 10 pelanggaran yang langsung di rekomendasikan Panwaslu ke KPU Kota Palembang untuk ditindaklanjuti.

“Kita sudah dua kali memberikan rekomendasi ke KPU, terkait dengan pelanggaran atribut kampanye. Namun hingga saat ini, belum juga ditindaklanjuti oleh KPU dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP),” kata Ketua Panwaslu Kota Palembang, Riduwansyah, Jumat (3/1).

Dijelaskan Riduwan, berdasarkan peraturan Bawaslu nomor 4 tahun 2013 tentang tata cara pengawasan kampanye pemilihan umum DPR, DPD dan DPRD 2014, Panwaslu tidak boleh melakukan penertiban, melainkan hanya berupa rekomedasi saja agar ditertibkan melalui KPU dan pemerintah setempat.

“Walau pun begitu, setiap satu minggu sekali kita mengerahkan petugas PPL dan Panwascam untuk mendata pelanggaran pemasangan atribut kampanye di 16 kecamatan di Kota Palembang. Hasilnya, kita rekomendasikan ke KPU dan Pol PP, agar segera ditertibkan,” ucapnya.

Menurut Riduan, sebagaimana intruksi Bawaslu Sumsel, Panwaslu Palembang untuk segera menginventaris ulang pelangaran atribut kampanye sehingga pihak yang berwenang dapat mengambil sikap.

”Sejak satu minggu lalu, PPL dan Panwascam telah melakukan pendataan ulang terhadap pelanggaran pemasangan atribut kampanye tersebut. Pada 8 Januari nanti, kita akan sampaikan rekomendasi ke KPU Palembang, dari hasil pendataan pelanggaran tersebut,” ucapnya.

Disingung akan dilakukannya pergantian komisioner KPU Palembang periode 2104-2019 pada 6 Januari mendatang, apakah akan menghambat kinerja panwaslu? Ia meyakinkan, pergantian komisioner KPU itu tidak akan menghambat kinerja Panwaslu Palembang.

Pantauan Kabar Sumatera, sejumlah atribut kampanye milik calon anggota legislatif (caleg), masih terpasang di sejumlah ruas jalan protokol di Palembang. Misalnya di Jalan Basuki Rahmat, Demang Lebar Daun, Lebak Keranji, Kebun Bunga dan lainnya, atribut kampanye kian marak, secara terang-terangan para caleg melakukan pelangaran dengan memasang atribut kampanye di bilboard di jalan protokol.  Padahal KPU Kota Palembang, sudah membagi zona kampanye yang berbasiskan kelurahan.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster