Jalan Penghubung Kabupaten Rusak Parah

 155 total views,  2 views today

Ilst. Jalan Rusak | Dok KS

Ilst. Jalan Rusak | Dok KS

PAGARALAM KS-Meskipun baru saja dilakukan perbaikan oleh pihak Pemprov Sumsel dan Balai Besar Jalan Kementrian PU Bina Marga,  namun jalur transportasi penghubung Kota Pagaralam dengan Kabupaten Lahat Sumatra Selatan (Sumsel) kembali mengalami kerusakan parah dan begitu rawan terjadinya kecelakaan lalulintas.

Upaya perbaikan itu  belum membuat kondisi jalan lebih baik, justru kerusakan pun kembali terjadi terutama lubang cukup banyak, ditambah lagi dengan minimnya rabu-rabu. Demiukian dikemukakan Kasat Lantas AKP Herry Widodo SH, kemarin.

Menurutnya, sejauh ini hampir merata jalan penghubung Pagaralam-Lahat mengalami kerusakan cukup parah, bahkan kondisi yang ada begitu rawan terjadi kecelakaan. Titik jalan yang alami kerusakan, antara Pagaralam-Lahat, diantaranya di Dusun Muara Siban, Demporiokan, Karangdalo, dan termasuk beberapa tempat di arah Tanjungsakti Lahat.

“Kemudian ada beberapa titik jalan di arah Bumiagung, dan Kerinjing, kerap digenangi air, berlobang dan timbunan tanah akibat longsor hingga kerap memicu  terjadinya kecelakaan lalulintas,” katanya.

Selain itu, wilayah Lahat  ada jalan di Dusun Tanjung Bai, Desa Tanjung Tebat hingga jembatan liku Indikat, Desa Jarai dan perbatasan Lahat dengan Empat Lawang pun mengalami kerusakan cukup parah.

“Kondisi jalan banyak mengalami kerusakan meskipun sudah dilakukan perbaikan, seperti banyak aspal jalan yang sudah terkelupas maupun banyak ditumbuhi rerumputan,” kata Herry seraya berujar jalan yang sudah rusak berat bukan hanya berlobang bahkan ada yang sudah retak memanjang sehingga mesti berulang kali dilakukan pengaspalan.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Pagaralam Ir H Sunarto Rohim mengatakan, memang sebagai besar jalan penghubung antara Pagaralam-Lahat dan Pagaralam-Bengkulu merupakan jalan provinsi dan jalan nasional non tol.

“Jalan provinsi di Pagaralam mencapai pajang 16 kilometer, sedangkan jalan nasional non tol mencapai 40 kilometer,” katanya seraya mengatakan upaya perbaikan sudah dilakukan pada tahun 2013 terutama jalur jalan negara menuju Bengkulu dan arah Kabupaten Lahat.

 

TEKS : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster