Gas Naik, Konsumen Meradang

 240 total views,  2 views today

Penjual elpiji tampak bersiaga untuk memasarkan produk elpiji ukuran 12 kilo.

Penjual elpiji tampak bersiaga untuk memasarkan produk elpiji ukuran 12 kilo.

LAHAT KS-Kenaikan harga gas LPG (Liquid Pertrolium Gas) ukuran 12 kilogram (kg) di Kabupaten Lahat dari harga Rp 86.000 menjadi Rp 90.000 bila diantarkan sampai ke berubah cukup signifikan yakni dengan harga Rp 136.000 per tabung.

Ai terlalu mendadak nian, cubo pengumuman itu dikasih waktu kapan dinaikkan dan harga yang dipatok. Makanya, saat ini kami jual seharga Rp 90.000 setelah melihat televisi dan membaca koran,” ungkap Martini (37) penjual gas LPG tabung di Perumnas Kapling, Kota Lahat, Jumat (3/1).

Sementara Ana karyawan PT Kenangan Lematang yang terletak di Jalan Mayor Ruslan III Nomor. 51, Lahat distributor LPG 12 kg dan 3 kg  membenarkan bahwa memang harga jual elpiji sejak beberapa hari ini naik.

“Kami juga kaget dan terpaksa menaikkan harga sesuai instruksi yang ada. Harga sampai tujuan Rp140.000 dari harga sebelumnya Rp 90.000 jadi naik Rp 50.000,” beber Ana (40) dari PT Kenangan Lematang.

Ucap Ana,  bahwa konsumennya rata-rata juga kesal, dari mereka berniat beli dua menjadi satu tabung saja. Dan mereka tidak mengira kenaikan begitu tajam, meski terpaksa mereka tetap membeli sesuai dengan kebutuhan rumah makan atau warung yang ada.

“Awalnya tak percaya, setelah dijelaskan terpaksa mereka beli. Biasa perhari 50 tabung sekarang baru laku 20 tabung saja sampai sekitar pukul 17.00 WIB,” ujar Ana.

Terpisah, Lisa (40) warga Gang Setia, RT 02 RW 01, Kelurahan Pasar Lama Kecamatan  Kota Lahat yang merupakan pedagang ini juga kaget saat mengetahui kenaikan harga. Cukup tinggi kenaikan yang ada, seharusnya menurutnya kenaikan secara bertahap supaya konsumen tidak kaget.

“Kami terpaksa beli karena butuh, tapi kalau bisa kenaikan bertahap jangan seperti ini jelas memberatkan kami,” cetusnya.

 

TEKS/FOTO : JUMRA ZEFRI

EDITOR : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster