Enam Polres Gagal Mengungkap Kasus Korupsi

 179 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS –Enam Polres di lingkungan Polda Sumatera Selatan dinilai gagal mengungkap kasus korupsi sepanjang tahun 2013.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan, Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Saud Usman Nasution, Jumat (3/1).

Keenam Polres yang mendapat evaluasi yaitu, Polresta Lubuklinggau, Polres OKU Timur, Polres OKU, Polres OKU Selatan, Polres Empat Lawang dan Polres Musi Rawas.

“Dari evaluasi kita sepanjang tahun 2013 ada enam Polres yang dievaluasi kasat dan penyidik kasus korupsinya, karena belum bisa menyelesaikan target pengungkapan kasus korupsi di wilayah tugas mereka,” ungkapnya.

Mantan Wakabareskrim Mabes Polri ini menambahkan, seharusnya setiap Polres dilingkungan Polda Sumsel harus mampu mengungkap miminal dua kasus setiap tahunnya.

“Kita akan evaluasi kemampuan penyidiknya dan kita akan lihat juga selama ini dimana kendala atau hambatan mereka tidak menuntaskan target kasus kurupsi, yang jelas nanti ada pembinaan, khususnya penyidik kasus korupsi disana,” tegasnya.

Saud berharap pekerjaan rumah (PR) yang ditinggal Dirut, Dirut yang lama, Kombes Pol Raja Haryono dapat dituntaskan Direktur Ditreskrimsus yang baru, Kombes Pol Eddy Purwatmo.

“Bukan hanya pengungkapan dan penanganan kasus korupsi saja, kasus yang lain juga masuk PR Direktur yang baru ini, seperti kasus illegal tapping dan illegal mining yang cukup marak di wilayah Provinsi Sumsel,” tukasnya.

Terakhir, Saud meminta Ditreskrimsus yang baru dapat meningkatkan kinerja jajaranya, terkait koordinasi dengan instansi terkait. “Terpenting hasil audit BPKP itu harus ada, sehingga kita tahu kerugian negaranya dengan pasti,” pungkasnya.

Terpisah Kapolres Kota Lubuklinggau, AKBP Cristian Dover Lumban Gaul mengatakan, sebenarnya Polres Lubuklinggau tahun lalu (2013) sedang menangani kasus dugaan korupsi kasus bantuan Bansos sapi, namun karena faktor belum keluarnya hasil audit resmi BPKP akhir tahun lalu,   berkas kasunya belum lengkap.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster