Di Mal Bakal Ada Taman Bacaan

 106 total views,  3 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Badan Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan (BAKP) Palembang, tahun ini berencana membangun pusat bacaan di mal-mal yang ada di metropolis. Hal tersebut dilakukan, karena banyak kalangan muda, yang menyia-nyiakan waktunya di mal tanpa tujuan yang jelas.

Kepala BAKP Kota Palembang, Asmawati menyebut, mal dianggap potensial sebagai tempat baca karena banyak dikunjungi masyarakat. “Sasaran kita membuat pusat baca atau perpustakaan di mal tersebut, untuk kembali membudayakan membaca. Kan banyak yang hanya duduk saja, tidak ada kerjaan. Kalau ada pusat bacaan, pasti akan bermanfaat,” ungkapnya belum lama ini.

Asmawati menilai, selama ini banyak anak muda usia sekolah datang ke mal hanya duduk-duduk di cafe, makan, cerita tidak terlalu penting. Menurutnya, kalau setiap mal ada blok khusus yang disediakan sebagai tempat baca, sekaligus tempat santai pasti akan ramai dan semakin menambah wawasan masyarakat.

“Biasanya saat ke mal bukan hanya ibu-ibu saja, tapi juga mengajak keluarga. Nah suami biasanya tak suka ikut ibu-ibu belanja, mereka lebih memilih duduk menunggu saja. Akan lebih baik jika menunggu, sambil membaca buku dan duduk santai di pusat bacaan itu, sehingga menunggu tak akan membosankan, justru menyenangkan dan menambah pengetahuan,” ujarnya.

Asmawati mengatakan, mereka akan melakukan survey lebih dahulu di mana mal yang akan dipilih sebagai lokasi pusat bacaan tersebut. Hal itu sebutnya, untuk mengetahui mal mana yang ramai dan potensial untuk dibangun pusat bacaan.

“Kita berencana, untuk langkah awal akan membuat satu pusat bacaan saja di salah satu mal di Palembang. Nantinya kita ingin melihat respon masyarakat, dengan pusat bacaan yang kita sediakan tersebut,” ujarnya.

Jika mendapatkan respon positif, maka sambungnya, tahun depan akan kembali dibangun taman bacaan di mal lainnya. “Suasananya, akan kita buat lebih santai. Dengan begitu, masyarakat akan tertarik untuk berkunjung,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster