Satu Jam Sekali Wajib Absen

 53 total views,  3 views today

*Pegawai Dilingkungan Pemkot Palembang

Ilustrasi

Ilustrasi Absensi

PALEMBANG, KS-Pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, nampaknya tidak akan bisa lagi untuk bolos kerja. Pasalnya semua pegawai di lingkungan pemkot,di wajibkan untuk melakukan absensi setiap satu jam.

Kebijakan ini menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang, dilakukan untuk mendisiplinkan semua pegawai di lingkungan pemkot. “Terhitung sejak awal bulan ini, semua pegawai di lingkungan pemkot di wajibkan melakukan abses setiap satu jam. Ini adalah bagian pengetatan pengawasan terhadap pegawai, guna peningkatan kedisiplinan,” kata Kurniawan dibincangi, kemarin.

Menurutnya, selama ini semua pegawai di lingkungan pemkot hanya di wajibkan melakukan absensi saat jam masuk dan jam pulang saja. Namun cara tersebut sebutnya, ternyata tidak efektif.

Seringkali pegawai, usai melakukan absensi saat masuk kerja kemudian menghilang entah kemana. Pegawai tersebut, baru kembali pulang saat memasuki jam pulang kerja guna kembali melakukan absen.

“Kebijakan ini, tidak hanya kita lakukan bagi pegawai di pemkot saja tetapi semua pegawai di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Palembang. Untuk mengecek apakah kebijakan ini sudah diterapkan SKPD atau belum, nanti akan dilakukan inspeksi mendadak (sidak),” ungkap Kurniawan.

Sebagai informasi, sebelumnya pemkot telah menerapkan sistem absensi elektrik atau sidik jari. Sistem absensi diterapkan di semua SKPD di lingkungan pemkot. Sistem absensi sidik jari ini, sudah diterapkan oleh pemkot sejak awal 2013.  Ternyata sistem absensi elektrik tersebut, tak efektif untuk mendisiplinkan pegawai di lingkungan Pemkot Palembang.

Kepala Inspektorat Kota Palembang, Toto Suparman menyebut, absensi pegawai di lingkungan pemkot yang menggunakan sistem elektrik tersebut menjadi acuan untuk pemberian Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP). “Artinya, besaran TPP yang diterima setiap pegawai akan di akumulasikan dengan absensinya,” jelas Toto.

Dikatakan Toto, aturan tersebut resmi kepegawaian melalui peraturan wali kota (Perwali) yang menegaskan adanya potongan gaji bagi PNS, yang terlambat perlima belas menitnya. “Ini juga untuk memicu kedisiplinan pegawai hingga saat ini tingkat kedisiplinan pegawai di lingkungan pemkot meningkat baik,” jelasnya.

Program untuk meningkatkan kedesiplinan abdi negara ini Toto menjelaskan, akan dikembangkan terus, sebab hal tersebut termasuk dalam program reformasi birokrasi, terutama dalam hal pembinaan PNS. “Rata-rata ketidakdisiplinan di faktor keterlambatan, bisa karena kejebak macet, ada insiden mendadak. Pengawasan terkait hal ini tetap melalui pimpinan masing-masing SKPD. Tapi, kami ingatkan, hukuman atas ketidakdisiplinan bukan bentuk pembinaan,” ungkapnya.

Saat ini, jam kerja PNS di lingkungan Pemkot Palembang kembali diubah. Sebelumnya, mereka diwajibkan masuk kantor Senin – Kamis pukul 08.00 – 16.30 wib dan Jumat pukul 07.30 – 16.30 wib. Sekarang, dari Senin – Kamis masuk pukul 07.30 – 16.00 wib dan Jumat pada pukul 07.30 – 16.30 wib. Adapun jam istirahat tetap pukul 12.00 – 13.00 wib pada Senin – Kamis, dan pukul 11.30 – 13.00 di hari Jumat. “Sepanjang 2012 lalu, tidak sampai 1% yang bolos atau yang datang terlambat. Kesadaran PNS ini sudah memuaskan,” tukasnya.

 

TEKS : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com