PALI Layanan KTP Mobile

 219 total views,  2 views today

ektp PALI | KS-Antusian warga di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), untuk melakukan perekaman data e-KTP, nampaknya masih rendah. Hal itu dilihat dari jumlah warga melakukan perekaman belum menyentuh angka 100 persen.

“Perekaman data e-KTP kita masih jauh dari 100 persen,” kata Husni Thamrin Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten PALI, Tjiknung S.Sos, kepada KabarSumatera, Kamis (2/1), kemarin.

Untuk itu, dalam rangka mengoptimalkan pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil, Disdukcapil Kabupaten PALI membutuhkan sarana prasana penunjang dalam rangka jemput bola kepada wajib KTP yang belum rekam data e-KTP.

“Kita butuh mobil pelayanan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Di dalamnya peralatannya lengkap. Bikin KTP dan KK bisa langsung jadi. Harganya setelah kami cek sekitar Rp700 jutaan,”  ungkap  Husni Thamrin.

Dengan diadakannya mobil pelayanan dokumen kependudukan ini, lanjut Husni, masyarakat PALI akan langsung dilayani di tempat dan tidak perlu lagi ke kabupaten untuk mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

Menurutnya, layanan mobil ini sebagai percepatan penyelesaian perekaman e-KTP secara regular bagi penduduk wajib KTP. “Nantinya dengan mobil tersebut, petugas kami akan turun ke desa-desa dan talang talang. Sebab belum semua penduduk di PALI ini ada identitas KTP. Terutama akte kematian, masyarakat berpikir itu tidak perlu. Dan itu akan dilakukan pada setiap hari kerja dan berkeliling, bukan menetap di satu tempat,” tuturnya.

Apalagi, masih katanya, mulai 2014 ini, penyebutan e-KTP akan diganti dengan sebutan KTP-L, karena mengacu pada perubahan Undang-undang Nomor 23 tahun 2006, yaitu system administrasi kependudukan Indonesia mengenai masa berlaku KTP-L,

“Nanti proses pencetakan KTP-nya juga sudah dicetak disini, alias tidak lagi di Jakarta,” pungkasnya.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster