Bantuan Dana Hibah Menurun

 246 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasiu

* Lebih Selektif dan Harus Dipertanggung Jawabkan

MUARAENIM, KS-Bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim kepada instansi, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi kepemudaan pada 2013, berkurang signifikan.

Berkurangnya bantuan yang dikucurkan tersebut, bukan karena dana hibah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muarenim 2013 yang minim, atau sedikitnya permohonan namun karena permohonan bantuan bisa langsung melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait atau ke Bagian Kesejahteraan Sosial Pemkab Muaraenim.

“Selain itu, kita lebih selektif dalam memberikan bantuan dana hibah. Bantuan tersebut juga harus dipertanggung jawabkan. Pemberian bantuan dana hibah ini, harus sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2011,” kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Muaraenim, Rusdi Hairullah kepada Kabar Sumatera, Kamis (2/1).

Prosedur pemberian dana hibah, kata dia, apabila permohonan bantuan ini masuk. Maka, barulah tim anggaran Pemkab Muaraenim akan memverifikasi usulan yang masuk, kemudian  diusulkan kembali ke DPRD. Permohonan itu, harus masuk satu tahun sebelum tahun anggaran berjalan.

Misalnya sebut Rusdi, untuk bantuan dana hibah 2015, usulannya sudah masuk pada 2014. Hal ini mengingat format bantuan sekarang, sudah sangat berbeda dan selektif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk penerima dana hibah, harus memenuhi kriteria dan syarat – syarat tertentu. Contoh organisasi masyarakat, kepengurusannya harus jelas, telah terdaftar di Pemkab Muaraenim  melalui Kesbangpol selama tiga tahun, berdomisili atau mempunyai sekretariat di wilayah kabupaten Muaraenim, tidak ada konflik internal dan mempunyai Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP) organisasi serta pengurus  jelas,”  tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster