Wamenkumham Bak Menjadi Malaikat

 187 total views,  2 views today

Denny Indrayana, (Wamenkumham)

Denny Indrayana, (Wamenkumham)

*Sejak Adanya PP 99 tahun 2012

PALEMBANG, KS-Ketua Dewan Pusat Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), H Anton Medan menyebut, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Denny Indrayana, kini seperti menjadi malaikat bagi para narapidana (NAPI).

Itu semua menurut Anton dikarenakan, adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Adanya PP tersebut tuding Anton, membuat Indra bisa leluasa memberikan atau tidak memberikan remisi kepada Napi.

“Lapas itu, tempat pembinaan. Nah, kalau ada yang dapat remisi dan ada yang tidak mendapatkan remisi, itu membuat keadaan bertambah kacau. Adanya PP tersebut, membuat Wamenkumham seperti malaikat azab sedangkan petugas Lapas menjadi malaikat rahmat,” kata Anton Medan yang dibincangi usai memberikan tausiyah di Masjid Cheng Ho, Palembang, kemarin (30/12).

Harusnya sebut Anton, dalam Lapas tidak boleh ada diskriminasi karena status mereka sama yakni Napi yang status hukumnya sudah jelas. “Salah satu penyebab kerusuhan di sejumlah Lapas di Indonesia, karena adanya PP Nomor 99 tahun 2012 tersebut,” tegasnya.

Selain PP tersebut sambung Anton, penyebab lain terjadinya kerusuhan juga karena over kapasitas di seluruh Lapas di Indonesia. “Over kapasitas yang terjadi di seluruh Lapas di Indonesia ini, salah satu penyebabnya adalah Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009. Dalam UU tersebut, rata-rata hukuman untuk pemakai narkoba mencapai empat tahun dan denda Rp 200 juta,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelum memberikan tausiyah di Masjid Cheng Ho, Anton mengunjungi sejumlah lapas di Palembang. “Itu bagian dari cara saya bersyukur atas jalan hidup saya, ada kepuasan batin bagi saya saat berkunjung ke lapas-lapas. Dari sana saya berharap, bisa melahirkan Anton Medan-Anton Medan lainnya,” tukasnya.

 

TEKS              : AAN WAHYUDI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster