Sosok Sederhana Berpulang

 264 total views,  2 views today

Alm. Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah, BBA

Alm. Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah, BBA

PALI | KS-Meski anaknya menjadi pemimpin di kabupaten tempat ia dilahirkan tidak membuat seorang H Ilyas Hamzah BBA menjadi jumawa. Ia justru tampil biasa saja. Demikian gambaran ayahanda Heri Amalindo.

Semasa hidup, pria yang kerap di sapa Ucok tidak ada yang berubah. Semua berjalan sederhana dan apa adanya.

Dilahirkan di Desa Sukarami, Kecamatan Penukal Utara, September 1931, silam, Ilyas muda lebih banyak berkarier sebagai polisi. Terakhir ia menyelesaikan tugas di Polres Lahat. Karena itulah Heri Amalindo dilahirkan di Lahat, saat Ilyas bertugas disana.

Ketika tahun 1977, Ilyas dipercaya Gubernur Sumsel, Asnawi Mangkualam, untuk berkarya di Pemerintah Provisnsi (Pemprov), Sumsel di Biro Angkutan (sekarang Dinas Perhubungan – red).

Suami dari Siti Khadijah ini meninggalkan seorang istri, delapan anak dan 13 cucu. Kedelapan anaknya yaokni Ilham Gani, Anita, Isma Dahlian, Ujang Juhandi, Asmania, Linda Ismawati, Heri Amalindo dan Sukaita.

Rajin Pulang Kampung

Meskipun lebih banyak bertugas diluar Kabupaten PALI, tidak membuat Ilyas putus hubungan dengan keluarga di kampungnya. Setiap tahun, ia mengunjungi rumah peninggalan orang tuanya H Baital. Bukan sekedar berkunjung, ia senantia bermalam.

“Setiap tahun beliau selalu pulang. Setidaknya saat lebaran,” kata Herman keponakannya yang dipercaya mengurus rumah.

Saat pulang kampung, Ilyas rajin mengunjungi sanak keluarga didesa lainnya. Sejak muda, Ilyas dikenal gemar bergaul. Tidak pernah memilih dalam bergaul. Karena itulah ditengah teman-temannya ia akrab dipanggil dengan sebutan Ucok.

“Cuman bulan Maret kemaren beliau datang mendadak. Katanya mau ziarah. Beliau berpesan agar mendo’akan kak Heri (Heri Amalindo-red), karena dipercaya gubernur jadi Bupati PALI,” ungkapnya.

Kebiasaan mengunjungi karib dan sahabat itu juga ia lakukan di Palembang. “Dulu sebelum saya dinas di PALI, setiap minggu ia selalu kerumah. Walaupun sekedar minum kopi. Katanya kopi dirumah saya enak,” kata Amri Achmad yang sekarang menjabat Sekretaris DPRD Kabupaten PALI itu.

“Itulah bukti beliau tidak pilih bulu dalam bergaul. Meskipun saya jauh lebih muda, ia tidak sungkan untuk akrab,” tambahnya.

Sejak Heri Amalindo dilantik menjadi Penjabat Bupati, secara diam-diam Ilyas rajin mencari tahu perkembangan di Kabupaten PALI. “Kami masih rajin berkomunikasi, ia selalu menanyakan perkembangan disini (PALI –red). Kadang-kadang ia menanyakan isu yang sedang berkembang,” kata Amri.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster