Selamat Jalan Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah

 1,325 total views,  2 views today

Sang anak  H Heri Amalindo terlihat mengangkat keranda mayat yang berisi jenazah ayahnya.

Sang anak H Heri Amalindo (Bupati PALI) terlihat mengangkat keranda mayat yang berisi jenazah ayahnya.

-Ayahanda Bupati PALI Wafat-

PALI | KS –Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), berduka. Pasalnya, putra terbaik PALI, Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah BBA bin H. Baital yang juga ayahanda Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM, wafat, Selasa, 31 Desember 2013, sekitar pukul 08.20 WIB.

Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah BBA, menghenbuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit  RK Charitas, Palembang setelah tiga minggu dirawat.

Bukan hanya orang nomor satu di PALI yang merasa kehilangan, ribuan masyarakat PALI pun merasa kehilangan sosok  Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah BBA, yang dikenal baik dan bersahaja.

Ribuan pelayat dari berbagai elemen, baik dari jajaran pemerintahan Kabupaten PALI, Muspida, tokoh masyarakat PALI dan warga setempat  memadati rumah duka.

Isak tangis keluarga nampak pecah saat jenazah almarhum tiba dirumah duka. Ir H Heri Amalindo langsung menyambut kedatangan jenazah ayahnya dari RS CK Charitas.

Meski nampak terlihat tegar, namun raut wajah Bupati terlihat memedam kesedihan yang mendalam. Sesekali air mata pun keluar membasahi pipi sang bupati.

Usai disholatkan jenazah almarhum dibawa ke pemakamam di Desa Sukarami, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten PALI, kampung kelahirannya diringi ratusan pelayat.

Sang anak  H Heri Amalindo terlihat mengangkat keranda mayat yang berisi jenazah ayahnya. Pemakaman sendiri, berlangsung  khidmat walaupun dari beberapa keluarga almarhum sempat menangis saat peti jenazah masuk ke liang lahat yang bersebelahan dengan makam ayahnya H Baital, yang dikenal sebagai tokoh perjuangan di era revolusi.

Tidak ada yang banyak diucap H Heri Amalindo saat berada dipusara makam ayahnya. Hanya sesekali kalimat yang terucap meski terdengar sama-samar. “Selamat Jalan Ayah,” ucapnya pelan. Sementara wajah istri H Heri Amalindo, Ir Hj Sri Kustina nampak berkaca-kaca didepan pusara Peltu (purn) H. Ilyas Hamzah BBA.

Ratusan warga menggelar Ta’jiah di rumah dinas bupati meski tidak dihadiri Bupati PALI lantaran berada di Palembang. Selain melantunkan ayat suci Al-quran dan doa, acara tersebut juga disrlingi dengan ceramah agama.

Informasi yang didapat, kabar duka diterima orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan ini  saat bersiap menghadiri dialog masyarakat dengan Pemkab PALI digelar di Gedung Pesos, Talang Ubi.

Dengan terpaksa, bupati tidak menghadirinya dan diwakilkan oleh Kelapa Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda  dan Olahraga (Kadisbudpora),  Drs M Amin MM.

Sementara, Nang Ali Solichin selaku perwakilan pihak keluarga almarhum mengharapkan, doa dari seluruh masyarakat agar beliau ditempatkan disisi Allah Swt. “Kita selaku pihak keluarga mohon doanya dan apabila semasa hidup beliau memiliki salah mohon dimaafkan,” ujar mantan Bupati Muaraenim saat memberikan sambutan usai pemakaman.

Selain H Nangali Solihin dan keluarga, tampak hadir diantara pelayat, mantan Sekda Kota Prabumulih, H Asri AG SH, Anggota DPRD Muaraenim asal Dapil PALI, Kuyung Rizal S.Sos, mantan Ketua Harian Dewan Presidium PALI, Iskandar Anwar SE, mantan anggota DPRD Muaraenim, Irwan ST dan tokoh lainnya.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster