Satlantas Pasang CCTV

 216 total views,  2 views today

CCTV

CCTV

-Pantau Arus Lalulintas-

INDERALAYA,KS-Kepolisian Resort (Polres), Ilir (OI), unit Lantas memasang tiga kamera Closed-circuit television (CCTV), di satu titik yakni tepat di Timbangan 32, Kota Inderalaya, Ogan Ilir, untuk memantau pergerakan arus lalulintas dari ketiga arah.

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat melalui Kasatlantas AKP Arman Sahti, Selasa (31/12), mengatakan, kamera tersebut dipasang untuk memantau pergerakan arus lalulintas dari ketiga arah

Lanjut Kasatlantas, ketiga kamera CCTV tersebut memantau arus dari arah Timbangan menuju Palembang atau sebaliknya. Memantau arus dari lalulintas dari Palembang meuju Indralaya melalui kantor Samsat serta kamera CCTV memantau arus dari Prabumulih menuju Palembang.

“Kita pasang kamera yang pasti untuk memantau arus lalulintas. Kalau terjadi kemacetan langsung bisa diatasi,” tuturnya.

AKP Arman menambahkan, kedepan pihaknya akan berupaya untuk menambah kamera CCTV dibeberapa titik sepeti Pasar Inderalaya, serta Pos Pantau yang berlokasi di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya.

“Kita akui, untuk satu titik belum cukup untuk mematau arus lalulintas, apalagi volume kendaraan setiap hari semakin meningkat. Ada beberapa titik lagi, yaitu Pasar Inderalaya dan di Pos Pantau,” ungkapnya.

Sambung AKP Arman, terjadinya kemacetan yang kerap terjadi di Jalintim Palembang-Inderalaya maupun sebaliknya, atau Palembang-Prabumulih lantaran volume kencaraan tidak seimbang dengan ruas jalan.

“Apalagi bahu jalan dan badan jalan tidak sejajar. Ini akan menyebabkan kemacetan jika ada kendraraan baik sedan maupun truk mogok aatau pecah ban. Truk akan sulit ke bahu jalan karena takut terbalik,” ujarnya.

Lanjutnya, pemasangan CCTV tersebut merupakan yang pertama untuk tingkat kabupaten. “Ya, untuk di kabupaten kita yang pertama. CCTV juga terpasang di Palembang. Kita bisa pantau kapan saja, melaui HP atau komputer. Dengan terpantaunya kemacetan, petugas akan cepat turun ke lapangan,” bebernya.

Disinggung kecelakaan, Kasalantas menjelaskan, sepanjang tahun 2013, kasus kecelakaan di wilayah hukum Polres OI mengalami penurunan di banding tahun 2012 lalu..

“Untuk jumlah kasus kecelakaan tahun 2013 yakni terdapat 188 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia 83 orang, luka ringan 128 dan luka berat 127. Untuk tahun 2012, jumlah kasus laka 213, korban meninggal 92 orang, luka ringan 103 orang dan luka berat 197. Kita himbau untuk pengguna jalan agar selalu waspada dan perhatikan kendaraan,” pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster