PT BA Targetkan 24,7 Juta Ton

 313 total views,  2 views today

Dirut PTBA, Milawarma saat menyerahkan secara simbolis paket sembako PTBA kepada kaum dhuafa.

Dirut PTBA, Milawarma saat menyerahkan secara simbolis paket sembako PTBA kepada kaum dhuafa.

*Penjualan Batubara Selama 2014

MUARAENIM, KS-PT Bukit Asam (Persero) Tbk, menargetkan volume penjualan batubara tahun 2014 sebesar 24,7 juta, atau naik 38 persen dibandingkan realisasi volume penjualan tahun 2013 sebesar 17,8 juta ton.

“Peningkatan volume penjualan ini, seiring dengan upaya-upaya strategis PT BA, diantaranya memprioritaskan penjualan batubara berkalori tinggi melalui pasar ekspor,” kata Direktur Utama PTBA, Milawarma didampingi Sekretaris Perusahaan, Joko Pramono yang dibincangi di sela-sela kegiatan tutup tahun PT BA di GOR PT BA, kemarin malam (31/12).

Untuk tahun 2014, kata Milawarma, PTBA menargetkan ekspornya sebesar 13,5 juta ton atau naik 40 persen dibandingkan ekspor tahun 2013 sebesar 9,6 juta ton. Komposisi ekspor tahun 2014, dari total volume penjualan sebesar 55 persen, volume penjualan domestik sebesar 45 persen.

Untuk mendukung pencapaian target penjualan tahun 2014, PT BA optimis dengan peningkatan kemampuan angkutan kereta api batubara, untuk mengangkut produksi Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) sebesar 17,89 juta ton dari total 18,65 juta ton dan 0,11 juta ton, produksi PT. Batubara Bukit Kendi.

Dari 18,16 juta ton produksi tersebut, 15,53 juta ton diangkut menuju pelabuhan Tarahan di Bandar Lampung dan 2,35 juta ton menuju Dermaga Kertapati di Palembang. “Kami optimis, bisa meningkatkan volume penjualan di 2014. Keyakinan ini, ditopang dengan telah beroperasinya secara penuh armada baru PT. Kereta Api Indonesia (KAI), sebanyak 230 gerbong baru dan 44 lokomotif baru pada semester II tahun 2013. Sedangkan, sisa yang diangkut merupakan penjualan di mulut tambang di Tanjung Enim,” terang Milawarma.

Untuk mendukung peningkatan volume penjualan dan produksi, lanjutnya, PTBA juga melakukan peningkatan kapasitas pelabuhan Tarahan dari sekitar 13 juta ton per tahun menjadi 25 juta ton per tahun. Dimana dijadwalkan mulai beroperasi, pada semester I 2014.

PT BA sambungnya, juga telah membangun tambahan dua RCD atau alat bongkar batubara dari gerbong kereta api disamping dua RCD yang sudah ada. Dengan demikian, pembongkaran batubara di Pelabuhan Tarahan, dapat dilakukan untuk empat rangkaian gerbong batubara sekaligus.

Untuk menjamin keandalannya sebut ilawarma, PT BA telah menyelesaikan pembangunan PLTU Pelabuhan Tarahan 2 x 8 MW, sehingga tidak lagi menggunakan daya listrik PLN. “Pembangunan PLTU ini, untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Hal ini merupakan bagian langkah-langkah strategis PTBA, untuk menekan biaya operasional dan sekaligus menjamin kehandalan operasional perusahaan,” tukasnya.

Paket Sembako

Pada kesempatan yang sama, Dirut PT BA, Milawarma menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada masyarakat kurang mampu, yang berada disekitar perusahaan. Paket sembako yang dibagikan, sebanyak 6.000 paket.

Nantinya 6000 paket sembako itu, akan dibagikan ke masyarakat di lima kecamatan di Kabupaten Muaraenim yakni Lawang Kidul, Tanjung Agung dan Kota Muaraenim serta dua kecamatan di Kabupaten Lahat, yaitu Merapi Barat dan Merapi Timur. Dengan total desa yang menerima, sebanyak 25 desa dan tujuh panti asuhan.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster