Pejabat Pemprov Sumsel Bakal Dirombak

 196 total views,  2 views today

Kantor Gubernur Sumatera Selatan

Kantor Gubernur Sumatera Selatan

*Pertumbuhan Ekonomi Ditargetkan 6,5 Persen

PALEMBANG, KS-Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), nampaknya bakal tidak tidur nyeyak di tahun 2014. Mereka menurut Gubernur Sumsel, Alex Noerdin bakal dag dig dug jantungnya, karena apakah masih akan menduduki jabatan yang dipegang sebelumnya atau justru tergeser.

Sebab kata Alex, ia akan mengevaluasi kinerja para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel sepanjang 2013. Alex bahkan menegaskan, akan melakukan perombakan pejabat di periode kedua kepemimpinannya tersebut, terutama kepada pejabat yang kinerjanya dianggap tidak maksimal.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh pejabat di lingkungan pemprov, terutama eselon II. Ada beberapa SKPD menurut Alex, yang tidak bisa mencapai target yang ditetapkan.

Sebab itu, tahun 2014 akan dilakukan perombakan di unsur SKPD. “Ada target yang tercapai, tapi ada juga yang belum tercapai. Bagi pejabat yang tidak bias mencapai target harus siap-siap diganti oleh yang baru,” tegas Alex saat refleksi malam tahun baru di Griya Agung, Selasa (31/12).

Walau ada yang tidak mencapai target, namun ada juga sebut Alex yang mencapai target. Karenanya tegas dia, di 2014 harus ada peningkatan kinerja. “Di 2013 di kwartal terakhir, pertumbuhan ekonomi mengalami perlambatan yakni mencapai 5,9 persen. Namun Namun inflasi dibawah nasional. Di 2014,  pertumbuhan ekonomi naik menjadi 6, 5 persen,” kata Alex.

“Fokus kita tetap pada pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja. Untuk meningkatkan lapangan kerja kita akan menggaet para investor. Namun untuk menggaet mereka kita meski memperbaiki dahulu infrastruktur yang ada,” bebernya.

Mengenai penduduk miskin, lanjutnya, sejak 2008 hingga 2012 penduduk miskin di Sumsel mengalami penurunan. Secara nasional angka kemiskinan di Sumsel diatas nasional sebesar 14,24 persen, sedangkan nasional sebesar 11,37 persen. Namun dilihat dari program pencapaiannya di Sumsel sudah baik karena angka kemiskinan turun 3,95 persen.

“Pada tahun 2014 persentase pendudukan miskin ditargetkan menurun 11 persen. Selain itu tahun 2014 juga ada target peningkatan infrastruktur seperti pembangunan monorel, jalur kereta api double terck, TAA dan jembatan Musi III. Kita menargetkan pembangunan infrastruktur tersebut bisa selesai sebelum tahun 2018. Untuk monorel, TAA itu dibangun investor. Sedangkan jembatan Musi III itu dananya dari APBN,”  tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster